5 Aplikasi Penting untuk Mengajar Jarak Jauh secara Online

Aplikasi Untuk Mengajar Online– Terdapat sejumlah aplikasi yang dapat dimanfaat guru untuk mengajar jarak jauh atau secara daring. Di antara aplikasi tersebut adalah Google Classroom, Animaker, dan masih ada beberapa lainnya.

Di masa pandemi seperti sekarang, guru memang dituntut untuk menyesuaikan diri dan inovatif. Guru dituntut untuk mencari jalan alternatif agar dapat tetap mengajar anak asuhnya di manapun mereka berada. 

Sebelum pandemi, kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara tatap muka. Dan inovasi yang dilakukan guru kebanyak berkaitan dengan aktivitas di dalam kelas, seperti membuat media pembelajaran yang interaktif lewat animasi dan semacam itu.

Namun ketika pembelajaran bersama siswa hanya dapat dilakukan secara daring, maka inovasi yang harus dilakukan guru cakupannya pun harus lebih luas. Sehingga seluruh proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif. 

Berikut ini akan kami bagikan beberapa informasi terkait aplikasi untuk mengajar online yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengajar secara jarak jauh.

Emaze

Yang pertama, aplikasi yang wajib diketahui guru untuk mengajar jarak jauh adalah Emaze. Aplikasi ini memungkinkan guru dapat membuat materi presentasi yang menarik dan mudah.  

Baca Juga:  Webinar Gratis Kuis Online Tampil Chat di Google Forms

Pada platform berbasis web ini tersedia berbagai template presentasi yang menarik dan dapat Anda gunakan secara gratis. Selain itu, Anda juga bisa membuat presentasi dalam bentuk video.

Setelah materi presentasi selesai dibuat, Anda bisa mendistribusikan file tersebut melalui berbagai media seperti WhatsApp, Youtube, dan lain sebagainya.

Google Classroom

Yang kedua adalah Google Classroom. Aplikasi besutan Google ini bisa Anda manfaatkan sebagai media pengajaran jarak jauh.

Aplikasi ini memudahkan Anda dalam mendistribusikan tugas kepada siswa. Kemudian siswa juga dapat mengumpulkan tugas yang sudah dikerjakan melalui aplikasi yang sama.

Terdapat banyak fitur yang bisa Anda gunakan dari aplikasi yang memang dirancang untuk kepentingan kelas online ini. Salah satunya adalah penggunaan kalender yang sistematis. Misal, Anda bisa menentukan batas waktu pengumpulan tugas dan para siswa secara otomatis mendapat notifikasi terkait hal itu.  

Edmodo

Jika Google Classroom merupakan media menjalin komunikasi dengan siswa, maka Edmodo ini lebih spesifik untuk menjalin komunikasi antar guru dan wali murid. Dengan aplikasi ini, guru dan orang tua murid memungkinkan untuk melakukan kerja sama guna memastikan bahwa anak didiknya belajar dengan benar meskipun tanpa kehadiran seorang guru.

Baca Juga:  Daftar Aplikasi Analisis Soal yang Dapat Dimanfaatkan Guru

Animaker

Animaker adalah sebuah platform yang dapat digunakan oleh guru membuat video animasi berisi tentang pelajaran. Aplikasi ini dapat membantu guru menjelaskan materi-materi yang rumit kepada siswa sekalipun tanpa tatap muka.

Anda bisa membuat animasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu Anda bisa membagikan video animasi tersebut kepada siswa Anda sebagai media pembelajaran yang interaktif.

Presensi Online

Kemudian yang terakhir adalah membuat presensi secara online. Alat ini akan membantu Anda dalam melakukan presensi secara daring. Anda akan tahu siapa saja siswa yang mengikuti kelas dan siapa yang absen.

Membuat presensi online ini dapat dilakukan menggunakan Google Form. Namun untuk menggunakannya perlu memasukkan data-data yang dibutuhkan.

Penasaran dengan cara membuat presensi online? Ikuti pelatihan berikut ini yang dipersembahkan untuk para guru di Indonesia.

Share :

Baca Juga

dampat covid-19 pada siswa smp

Pelatihan Guru

Pelatihan Gratis 40 JP untuk Guru: “Inovasi Pembelajaran Digital dan Interaktif”

Pelatihan Guru

Diklat Bersertifikat 64JP : Mengembangkan Modul Ajar Kurikulum Merdeka
penggunaan google form untuk pembelajaran

Pelatihan Guru

Membuat Pembelajaran dan Evaluasi Menarik dengan Google Form

Advertorial

Diklat Bersertifikat 35 JP : Tiktok For Edu Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Teknologi 4.0

Karya Ilmiah

Materi Hari Keempat Diklat 32JP Gratis Tips Mudah Menulis Buku Ber-ISBN
pelatihan membuat pts

Pelatihan Guru

Pelatihan Membuat Penelitian Tindakan Sekolah

Pengembangan Diri

Tips Membuat Video Pembelajaran Media Animasi Powerpoint

News

Daftar Sekarang Juga! Diklat Gratis 32 JP “Guru Bisa Menulis, Naik Pangkat Jadi Mudah” Disini