3 Platform sebagai Media Pembelajaran Interaktif yang Wajib Guru Tahu!

- Editor

Sabtu, 18 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tantangan zaman dalam dunia pendidikan di era digital ini semakin terasa. Lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan harus bisa menyediakan ruang-ruang digital yang dapat diimplementasikan di sekolah utamanya di kelas salah satunya dengan memaksimalkan platform sebagai media pembelajaran interaktif.

Guru dalam hal ini sebagai pengajar di kelas harus bisa mencari dan menciptakan alternatif pembelajaran, berganti dari metode pembelajaran klasik menuiju modern. Pembelajaran yang kurang interaktif dan penggunaan metode yang itu-itu saja membuat peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Peserta didik yang dilahirkan di era digitalisasi tentu tidak akan cocok apabila pembelajaran dikemas dengan metode-metode lama. Perlu adanya keterlibatan teknologi digital dalam pembelajaran karena itulah yang memang menjadi makanan sehari-hari peserta didik hari ini.

Untuk menghindari terjadinya pembelajaran yang kurang efektif, berikut alternatif aplikasi atau platform pembelajaran interaktif yang dapat digunakan agar peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan nyaman sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya.

1. WordWall

WordWall merupakan platform atau website yang menyediakan fitur-fitur media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan secara online atau dengan membuat dan mencetak media tersebut agar dapat digunakan secara offline.

Yang menarik dari palform ini adalah siswa tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk dapat mengakses materi atau permainan (game) yang telah dibuat oleh guru. Plaform WordWall juga dapat diakses melalui browser pc/laptop dan juga dapat diakses menggunakan handphone. Hal ini sangat memudahkan guru dan siswa ketika proses belajar mengajar.

User interface

Tampilan yang sederhana, tata letak pilihan menu, dan fitur-fitur didalamnya pun mudah dimengerti dan digunakan. Berbagai pilihan template permainan dan instuksi bagaimana cara menggunakannya tersedia di halaman awal beranda website.

Fitur

Terdapat beberapa fitur yang tersedia di WordWall, antara lain sebagai berikut.

  • Create activity

Fitur ini biasanya digunakan untu membuat permainan atau materi baru. Terdapat banyak template aktivitas yang telah disediakan oleh WordWall. Terdapat berbagai pilihan template yang tersedia, mulai dari Match up, Quiz, Random Wheel, Open the Box, Find the Match, Group Short, Wordsearch, dan lain-lain.

Untuk membuat aktivitas baru, Pengguna dapat memulai dengan memilih template, lalu masukkan konten yang diinginkan. Dengan cara seperti ini, guru dapat membuat konten pembelajaran yang interaktif hanya dalam beberapa menit.

  • Community

Fitur pada community ini memungkinkan kita untuk mencari game pembelajaran yang dibuat oleh pengguna lain. Hal ini tentunya menjadi pilihan yang bagus ketika pengguna tidak memiliki cukup waktu untuk membuat materi.

Untuk mencarinya, pengguna dapat menuliskan kata kunci pada kolom pencarian, maka materi akan muncul dan sudah siap digunakan. Materi ini bisa di edit sesuai dengan kebutuhan.

  • My activity

My activity merupakan fitur untuk mengakses kembali materi-materi yang telah dibuat. Pada fitur ini, pengguna atau guru juga dapat membuat folder dan mengelompokkannya ke dalam beberapa katergori seperti kelas, semester, materi pelajaran, dan lain sebgainya.

  • My result

Fitur ini digunakan untuk melihat score atau hasil peserta didik yang telah mengerjakan materi atau permaianan (game). My result tentunya dapat membantu guru untuk meninjau apakah peserta didik telah memahami materi atau tidak.

Informasi tambahan

Platform atau website ini dapat diakses dengan cara mendaftar akun terlebih dahulu. WordWall dapat diakses secara gratis dan berbayar.

Yang membedakan pengguna gratis dan berbayar adalah dari ketersediaan jenis template materi atau permaianan. Bagi akun gratis terdapat kurang lebih 15 template yang dapat digunakan, sedangkan untuk berbayar, ada tambahan sebanyak 24 template materi atau permainan yang bisa digunakan.

2. Wizer.me

Wizer.me merupakan platform atau website yang termasuk media pembelajaran interaktif yang menyediakan berbagai materi pembelajaran yang dapat dikemas dengan interaktif oleh pengguna. Pada website ini, guru maupun siswa harus memiliki akun terlebih dahulu agar dapat mengaksesnya.

User interface

Wizar.me memiliki tampilan yang dinamis dan enak untuk dilihat. Tampilan menu yang menarik membuat nyaman para pengguna, juga menu-menu yang tersedia pun mudah untuk dimengerti.

Fitur

  • Community

Community merupakan fitur dimana guru dapat mengakses berbagai lembar kerja (worksheet) yang telah dibuat oleh pengguna lain. Lembar kerja tersebut dapat digunakan dan di edit sesuai dengan kebutuhan.

  • Worksheet dan Create Worksheet

Worksheet merupakan fitur yang digunakan untuk mengakses lembar kerja yang telah dibuat oleh pengguna. Sedangkan fitur Create Worksheet digunakan untuk membuat lembar kerja baru.

Pada ditur ini, guru juga dapat mengatur atau mengelompokkan lembar kerja yang telah dibuat ke dalam beberapa katergori seperti kelas, mata pelajaran, dan lain-lain. Selain itu fitur ini juga berguna untuk memasukkan deskripsi tugas, menuliskan judul menggunakan template, menuliskan tag tugas, memilih tipe pertanyaan yang diinginkan, dan juga dapat mengupload file format pdf yang berisi pertanyaan untuk dikonversi secara otomatis ke dalam Wizer.me.

Terdapat beragam pilihan template lembar kerja yang hendak dibuat mulai dari Open Question, Multiple Choice, Draw, Table, Blank, Discussion, Matching, Video, Image, dan lain-lain. Tidak hanya itu, desain template pada lembar kerja juga dapat diubah dengan memilih desain template yang sudah disediakan.

Pengguna juga dapat menyimpan lembar kerja tersebut secara langsung atau menyimpannya ke Google Drive.

  • Learners

Pada fitur ini, pengguna dapat membuat kelas dan menghubungkannya ke aplikasi Google Classroom. Terdapat juga Differentiation Rules atau sebuah aturan bagi siswa yang membutuhkan pengayaan atau remedial.

  • Coffee room

Coffee room adalah fitur dimana pengguna dapat berdiskusi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia. Tentunya fitur ini memungkinkan guru bertemu dengan guru lain yang berasal dari kota atau negara yang berbeda untuk mengembangkan dan belajar lebih dalam dari pengguna lainnya.

Informasi tambahan

Wizer.me menggunakan fitur gratis dan berbayar. Bagi pengguna berbayar, hanya kisaran 40 ribu rupiah saja setiap bulannya dan sudah dapat menikmati fasilitas yang ditawarkan.

3. Liveworksheets

Liveworksheetsmerupakan website yang menyediakan fitur yang dapat membantu guru dalam meng-upload lembar kerja agar dapat dikerjakan oleh siswa secara online. Melalui website ini, guru juga dapat memeriksa pekerjaan siswa secara langsung. Agar dapat menggunakan fitur yang ada pada website ini, guru dan siswa harus membuat akun terlebih dahulu.

User interface

Tampilan pada website Liveworksheets cukup sederhana. Menu-menu dan fitur yang ada dapat dengan mudah dipahami dan digunakan. Namun secara layout, beberapa fitur terletak kurang memanjakan mata dan kurang dinamis.

Fitur

  • Interavtive worksheets

Merupakan fitur dimana guru dapat mengakses jutaan lembar kerja siswa dan menggunakannya untuk keperluan pembelajaran.

  • Make interactive worksheets

Fitur ini dapat digunakan bagi pengguna yang ingin membuat lembar kerja sendiri. Lembar kerja dapat dikemas secara menarik dan interaktif sesuai kebutuhan pengguna.

  • Make interactive workbooks

Fitur make interactive workbooks berguna untu mengumpulkan berbagai lembar kerja kedalam satu file. Artinya guru dapat mengelompokkan lembar kerja tersebut kedalam ketegori atau grup tertentu, misalnya, mata pelajaran.

  • Community

Fitur ini adalah fitur dimana pengguna dapat berdiskusi dengan pengguna lain. Tentunya fitur ini memungkinkan guru bertemu dengan guru lain untuk mengembangkan dan belajar hal baru dari pengguna lainnya.

Informasi tambahan

Liveworksheets memiliki dua jenis pengguna, yaitu pengguna berbayar dan gratis. Pengguna dapat menikmati fasilitas yang diberikan berdasarkan paket langganannya.

Itulah 3 platform atau website sebagai media pembelajran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk keperluan pembelajaran.  Pendidikan di era digital ini memang sudah seharusnya mengaitkan sumber-sumber belajar bukan hanya dari guru saja, namun dari berbagai produk yang dihasilkan oleh teknologi.

Daftar pelatihan “Membuat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Interaktif dengan Liveworksheets” bersertfikat 32 JP yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17-16 Januari 2022.

Klik disini untuk mendaftar

Berita Terkait

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya
 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2
Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?
Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur
Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru
30 Soal MOOC dan Jawaban Evaluasi Akademik PPPK 2024 Terbaru
Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 1
Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Database BKN Masih Ada Kesempatan Jadi Guru PPPK 2024
Berita ini 912 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 5 Juli 2024 - 20:23 WIB

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya

Kamis, 4 Juli 2024 - 10:20 WIB

 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2

Rabu, 3 Juli 2024 - 15:06 WIB

Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?

Rabu, 3 Juli 2024 - 14:23 WIB

Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur

Rabu, 3 Juli 2024 - 12:42 WIB

Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru

Berita Terbaru

Kurikulum Pendidikan

Bentuk Pelaporan Selain Rapor untuk Pembelajaran Berdiferensiasi

Senin, 15 Jul 2024 - 11:53 WIB

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Produk dan Contoh Kegiatannya

Kurikulum Pendidikan

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Produk dan Contoh Kegiatannya

Senin, 15 Jul 2024 - 11:15 WIB

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Konten  dan Contoh Kegiatannya

Kurikulum Pendidikan

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Contoh Kegiatannya

Senin, 15 Jul 2024 - 10:33 WIB

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Proses  dan Contoh Kegiatannya

Kurikulum Pendidikan

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Proses dan Contoh Kegiatannya

Senin, 15 Jul 2024 - 10:11 WIB