Home / News

Minggu, 21 November 2021 - 09:21 WIB

3 Jenis Ice Breaking ini Dijamin Anti Garing dan Boring

Ice breaking bisa menjadi salah satu opsi yang digunakan oleh guru untuk menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Dengan menggunakan ice breaking diharapkan siswa lebih semangat dalam menjalankan pembelajaran.

Ice breaking adalah kegiatan yang biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mencairkan suasana yang ada. Biasanya ice breaking digunakan untuk membuat suasana menjadi lebih rileks dan tidak kaku. Jika suasana rileks dan tidak kaku maka kegiatan bisa berjalan dengan menyenangkan.

Ice breaking sendiri bisa bermacam-macam bentuknya, ada yang berupa candaan, ada yang berupa game, ada juga yang berupa roasting dan tentu masih banyak lagi macam-macam ice breaking yang lain.

Berikut ini adalah contoh 3 jenis ice breaking yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan kelas yang asik dan menyenangkan.

Game Sulap Lucu Anti Garing

Game adalah sesuatu yang sangat disukai oleh semua kalangan, baik itu anak kecil, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun sangat menyukai game. Kemudian juga game ini dikombinasikan dengan sulap, suatu hal yang seringkali membuat orang penasaran dan seringkali bertanya-tanya, bagaiman hal seperti itu bisa dilakukan, itulah menariknya sulap. Dengan mengkombinasikan game dan juga sulap ini bisa menjadi alternatif untuk guru dalam membuat suasana kelas yang menyenangkan.

Game Seru Menggunakan Media Kertas

Penggunaan sebuah media dalam ice breaking juga berpengaruh terhadap tingkat interaksi antara guru dan siswa. Dalam menggunakan sebuah media juga tidak harus dengan media yang rumit ataupun susah dicari, kita bisa menggunakan media yang ada di sekitar kita, salah satunya adalah kertas. Dengan kertas tersebut kita bisa membuat sebuah ice breaking yang penuh dengan interaksi antara siswa dan juga guru.

Baca Juga:  3 Game Edukatif untuk Mengusir Kebosanan dalam Kelas

Game Melatih Konsentrasi Otak

Dalam membuat ice breaking selain kita membuat suasana kelas yang menyenangkan, kita juga harus membuat otak siswa tetap fresh. Salah satu caranya adalah dengan melatih konsentrasi otak, karena dengan melatih konsentrasi otak banyak manfaat yang didapatkan yaitu diantaranya membantu dalam hal pemahaman, berpikir secara abstrak, daya ingat, keletihan mental, kemampuan menyelesaikan tugas serta keseimbangan fisik dan koordinasi.

Setiap guru juga pastinya mempunyai metode ataupun jenis ice breaking tersendiri yang dianggap bisa membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Tetapi 3 jenis ice breaking di atas barangkali bisa dicoba diterapkan di saat pembelajaran sudah mulai boring, selamat mencoba.

Pelatihan Ice Breaking Seru, No Boring Dan Anti Garing Agar Pembelajaran Menjadi Menarik dan Menyenangkan

Form Pendaftaran

Pelatihan ini GRATIS Bagi member e-Guru.id. Ayo, gabung menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Breaking News! Telah Dibuka Pendaftaran Beasiswa Pelatihan Bahasa Untuk Guru dan Tendik, Ini Ketentuannya
menjadi teladan bagi anak

News

Ini 5 Kompetensi Sosial Emosional yang Harus Dimiliki Guru
modul pembelajaran

News

Panduan Menghadapi Tes Akademik PPG Daljab 2022

News

Bakat Anak Belum Terlihat? Berikut Tips Untuk Mengembangkan Bakat Anak Sejak Dini

News

3 Cara Membuat Pembelajaran yang Bermakna untuk Siswa

News

Penting Diketahui PNS! Tips Mengelola Gaji Bulanan Agar Cepat Kaya Raya
Tunjangan Pensiunan PNS tebuhs 1 miliar

News

Segera Cek ! Daerah Yang Telah Dilakukan Pencairan Sertifikasi Triwulan 1 Tahun 2022 Per Bulan Mei

News

Pemerintah Mudahkan Proses Sertifikasi Guru 2023