Home / News

Kamis, 30 September 2021 - 01:03 WIB

3 Fitur dari Google Suite Praktis untuk Dunia Pendidikan

Seiring dengan semakin masifnya perkembangan teknologi dan informasi, terdapat banyak sekali hal-hal baru bermunculan yang dapat memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Salah satu kemudahan dari adanya teknologi dapat dirasakan dalam bidang pendidikan.

Dahulu sebelum ada internet, orang-orang harus membawa buku tebal dan berat jika ingin membacanya. Saat ini, dengan kehadiran internet, ribuan judul buku dapat Anda bawa dalam satu genggaman di dalam gawai.

Hal tersebut merupakan salah satu contoh penggunaan internet untuk kemudahan pendidikan. Anda dapat memiliki ruang penyimpanan digital yang luas untuk berbagai keperluan. Salah satu ruang penyimpanan digital yang populer adalah lahir dari perusahaan Google, yakni Google Drive.

Penyimpanan Google Drive saat ini banyak digunakan oleh para guru untuk dapat dengan mudah membagikan buku, artikel, ataupun video pembelajaran bagi siswa di kelas.

Berbicara soal kelas, terdapat pula produk Google yang bernama Google kelas (classroom). Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan dari 3 perangkat Google Suite praktis untuk pendidikan.

  1. Google Classroom

Google Classroom atau ruang kelas Google merupakan perangkat paling utama yang disediakan oleh Google Suite for Education. Google Suite sendiri adalah salah satu produk unggulan Google yang menyediakan alat-alat virtual pendukung produktivitas.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menyusun Bahan Ajar untuk Kenaikan Pangkat

Google Suite for Education dikhususkan bagi sekolah atau lembaga pendidikan. Sebagai salah satu perangkat dalam Google Suite, Google Classroom memungkinkan guru, murid, dan staf untuk mengatur berjalannya kelas secara virtual.

Dalam menu Google Classroom dapat Anda temukan fitur-fitur menarik seperti fitur pengirim materi, fitur tugas yang dilengkapi dengan deadline serta keterangan poin. Tentunya dengan menggunakan Google Classroom, pengaturan kelas akan lebih mudah dan private karena hanya user yang memiliki kode saja yang dapat mengakses kelas.

2. Google Drive

Google Drive pada dasarnya merupakan ruang tempat penyimpanan online yang dapat digunakan secara umum oleh user Google. Termasuk untuk bidang pendidikan, Google Drive sangat bermanfaat untuk membagikan file, mengumpulkan data, tempat pengumpulan tugas, dan lain sebaagainya.

Penggunaan Google Drive semakin populer belakangan ini karena kecanggihannya dalam transfer data. Contohnya, jika Anda tidak menginginkan seseorang memiliki akses untuk mengedit data anda di Google Drive, Anda tetap dapat membagikan file namun melakukan restriction. Google Drive banyak dipilih sebagai penyimpanan untuk mengatasi memori laptop yang penuh. 

Baca Juga:  Kemendikbud Ristek Mengeluarkan Program Terobosan untuk 2022

3. Google Office

Google Office saat ini menjadi pilihan alternatif dari Microsoft Office bagi para akademisi, guru, maupun siswa. Keunggulan dari Google Office yang tidak terdapat dalam Microsfot Office adalah kemampuaannya untuk melakukan kolaborasi. Misalnya jika Anda terlibat dalam satu projek penelitian, Anda dapat membuat satu link Google Docs untuk menyusun laporan yang bisa dikerjakan bersama-sama oleh orang yang memiliki link tersebut. Produk dari Google Office saat ini memiliki 3 aplikasi, yakni Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides.

Nah, itu dia 3 fitur Google Suite praktis untuk pendidikan yang dapat Anda gunakan.

Ikuti Diklat “Membuat Ujian dan Rekap Nilai secara Otomatis dengan Aplikasi Google” melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: t.me/CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Tips Mudah Membuat Artikel Jurnal Nasional

News

4 Informasi Penting bagi Guru TK, PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK di Daerah
Google Classroom

News

Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning

News

Sukses Menentukan Studi dan Karir Siswa dengan IKIGAI

News

Wajib Tahu, Tujuh Tantangan Global Pendidikan Abad 21

News

Menyusun Best Practice untuk Lomba dan Kenaikan Pangkat
https://naikpangkat.com/hari-terakhir-daftar-diklat-gratis-bersertifikat-32jp-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interaktif/

News

Trik Pembuatan Website Pembelajaran dengan Google Sites
asesmen diagnostik

News

Cara Menciptakan Kelas Interaktif Pada Kurikulum Merdeka