Home / News

Rabu, 10 Agustus 2022 - 07:37 WIB

21 Data Penting Yang Diperlukan Untuk Pendataan Guru Honorer, Guru Honorer Wajib Tahu!

Pendataan Guru Honorer – Kemenpan RB melalui Surat Edaran Nomor B/1511/M.SM.01.00/2022 memerintahkan untuk melakukan Pendataan Tenaga Non ASN di lingkungan instansi pemerintah. Surat Edaran tersebut ditujukan untuk Para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Instansi Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Instansi Daerah.

Isi Surat Edaran Menpan RB Terkait Pendataan Guru Honorer

Pertama, pada prinsipnya surat tersebut di atas dimaksudkan untuk mengingatkan para Pejabat Pembina Kepegawaian bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 49 Tahun 2018, guna mendorong setiap Instansi Pemerintah melakukan penataan Pegawai Non-ASN yang berada dan telah diangkat di lingkungan Instansi masing-masing guna mewujudkan kejelasan status. karier dan kesejahteraan pegawai yang bersangkutan

Kedua, isi Surat Edaran SE Menpan RB tentang Pendataan Tenaga Non-ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah ini menyatakan bahwa dalam hal ini, pegawai Non ASN yang telah bekerja di lingkungan instansi Pemerintah yang berstatus sebagai Non-ASN sesuai dengan Pasal 99 ayat (2) yang menyebutkan bahwa Pegawai Non PNS dalam jangka waktu paling lama 5 (lima) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diangkat menjadi PPPK apabila memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Ketiga, Oleh sebab itu setiap Pejabat Pembina Kepegawaian agar melakukan pemetaan pegawai Non-ASN di lingkungan instansi masing-masing dan bagi yang memenuhi syarat dapat diikutsertakan/ di berikan kesempatan mengikuti seleksi Calon PNS maupun PPPK, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Berstatus Tenaga Honorer Kategori Il (THK-2) yang terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara dan Pegawai Non-ASN yang telah bekerja pada Instansi Pemerintah
  2. Mendapatkan honorarium dengan mekanisme pembayaran langsung yang berasal dan APBN untuk Instansi Pusat dan APBD untuk Instansi Daerah, dan bukan melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa, baik individu maupun pihak ketiga.
  3. Diangkat paling rendah oleh pimpinan unit kerja,
  4. Telah bekerja paling singkat 1 (satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2021
  5. Berusia paling rendah 20 (dua puluh) tahun paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada 31 Desember 2021
Baca Juga:  Resmi! Guru SD, SMP, SMA Akan Dipermudah Untuk Mengikuti Program Sertifikasi, Simak Informasi Selengkapnya

Kempat, Surat Edaran SE Menpan RB tentang Pendataan Tenaga Non-ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah menyatakan bahwa Pendataan Pegawai Non-ASN ini dimaksud untuk melakukan pemetaan dan mengetahui jumlah Pegawai Non-ASN di lingkungan Instansi Pemerintah baik instansi Pusat maupun Pemerintah Daerah. Kelima, Untuk pemetaan Tenaga Non-ASN sebagaimana tersebut di atas, diharapkan kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian untuk melakukan langkah-langkah:

  1. Melakukan inventarisasi data Pegawai Non-ASN sesuai dengan ketentuan pada angka 3 dan menyampaikan data di masukan ke Badan Kepegawaian Negara paling lambat tanggal 30 September 2022 sebagaimana lampiran I dan lampiran Il.
  2. Penyampaian data Pegawai Non-ASN harus disertai dengan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian
  3. Perekaman data Pegawai Non-ASN harus menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara.
  4. Bagi Pejabat Pembina Kepegawaian yang tidak menyampaikan data Pegawai Non ASN sebagaimana tersebut pada huruf a, b, dan c dianggap dan dinyatakan tidak memiliki Tenaga Non-ASN.
  5. Selanjutnya untuk kelancaran pemetaan data Pegawai Non-ASN, agar kiranya para Pejabat Pembina Kepegawaian berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara dalam pelaksanaannya
Baca Juga:  Gawat, 5 Kategori Tenaga Honorer Ini Tidak Bisa Ikut Seleksi CPNS maupun PPPK

Halaman Selanjutnya

21 Data Penting Terkait Pendataan Guru Honorer

Share :

Baca Juga

News

GRATIS! Seminar Nasional Bersertifikat : Persiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah

News

Implementasi Kurikulum Paradigma Baru

News

Begini Syarat Pembayaran Honor Guru dan Tendik Melalui Dana BOS dan BOP Tahun 2022!

News

Mengenal e-Guru.id, Situs Membership Terpercaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

News

Kabar Terbaru! Honorer Bakal Diangkat Jadi PNS Tahun Depan Dengan Syarat Ini
Seleksi CPNS 2022

News

Ribuan Formasi CPNS 2022 Telah Dibuka, Segini Kuotanya
kisah sukses bisnis seorang guru

News

Kisah Sukses Para Guru Berbisnis di Era Digital
tes bakat

News

2 Cara Efektif Meningkatkan Minat Belajar Siswa