Home / News

Selasa, 14 September 2021 - 06:01 WIB

2 Fitur Zoom yang Memudahkan Proses Pembelajaran Online

Semenjak pandemi, aplikasi-aplikasi pembelajaran jarak jauh mulai banyak digunakan. Hal ini demi mendukung proses pembelajaran agar tetap berlanjut di masa pandemi, apalagi dengan kondisi yang masih PPKM. Salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan para tenaga pendidikan adalah Zoom.

Aplikasi tersebut menyediakan dua layanan. Yakni layanan berbayar dengan yang gratis. Penggunaan Zoom dalam proses pembelajaran tergolong cukup membantu para tenaga kependidikan.

Karena selain tetap bisa bertatap muka meski lewat layar, semua bagian dari dunia pendidikan juga turut berusaha dan mengikuti anjuran pemerintahan untuk tidak banyak beraktivitas di luar rumah. Penggunaan aplikasi Zoom memungkinkan guru dengan murid tetap berinteraksi dengan baik. Karena berbasis media audio visual, alias daring. Yang mana, media ini adalah metode yang dianggap sangat cocok diterapkan di masa pandemi.

Dengan aplikasi Zoom, suasana pembelajaran akan menjadi lebih  menyenangkan. Karena di dalamnya, terdapat berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan. Seperti video, recorder, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat suasana belajar lebih menarik dan lebih hidup.

Baca Juga:  Pelatihan Bersertifikat 32JP Pembelajaran Menarik dengan Powtoon

Meskipun hanya berbasis online, media pembelajaran dengan menggunakan Zoom masih tetap dianggap efektif untuk digunakan. Karena keberadaannya bisa menjadi solusi dan menjawab tantangan zaman. Tak heran jika kemudian, aplikasi Zoom bukan hanya digunakan di dunia pendidikan, tapi juga di bidang-bidang lain. Mulai dari bisnis hingga yang lainnya.

Zoom sendiri merupakan layanan konferensi video kolaboratif yang berbasis cloud. Ia menawarkan fitur yang menarik. Salah satu fitur yang sangat mendukung proses pembelajaran jarak jauh dalam fitur pertemuan onlinenya.  Selain dapat diakses di laptop atau PC, aplikasi ini juga sangat memungkinkan untuk digunakan atau diakses via ponsel. Sehingga, para murid yang tidak memiliki laptop atau PC tetap bisa mengikuti pembelajaran dengan sangat mudah,

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai beberapa fitur unggulan yang bisa Anda manfaatkan dalam melakukan proses pembelajaran jarak jauh.

Pertama, HD Video dan audio yang ditawarkan oleh aplikasi Zoom ini terbilang sangat bagus dan mumpuni untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Bahkan, kapasitas peserta yang bisa ditampung mencapai 1000 orang di dalam grid layar. Sehingga, hanya dengan melakukan pembelajaran satu sesi saja Anda sudah bisa mengajar dengan maksimal.

Baca Juga:  10 link unduh template PPT Gratis, Agar Presentasi Lebih Menarik!

Kedua, mungkin Anda butuh melakukan rekaman pembelajaran yang berlangsung di Aplikasi Zoom. Misal, untuk dibagikan ke anak-anak yang tidak bisa hadir atau hanya sekedar sebagai dokumentasi dan akan di upload ke media social. Maka, jika Anda memang membutuhkan hal tersebut, Anda bisa langsung melakukan rekaman dengan sangat mudah. Karena sudah ada fitur rekaman di dalamnya.

 Nah, itulah beberapa fitur unggulan Zoom yang bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan pembelajaran online.

Ikuti Diklat Inovasi Pembelajaran Virtual Interaktif Menggunakan Zoom Meeting!

Lakukan pendaftaran melalui link berikut ini: Daftar Diklat Inovasi Pembelajaran Virtual Interaktif Menggunakan Zoom Meeting!

Info lebih lanjut, silakan menghubungi kontak berikut: 085869433931 (WhatsApp)

Share :

Baca Juga

News

Resmi, Guru TMT 2016 Ke Atas Bisa Ikut PPG Tahun 2022

News

Mengenal Pembelajaran berdiferensiasi Berbasis Multiple Intelligences di Kurikulum 2022
https://naikpangkat.com/hari-terakhir-pendaftaran-workshop-64-jp-strategi-kemandirian-sekolah-untuk-implementasi-kurikulum-merdeka/

News

10 Fakta Menarik dari Kurikulum Prototipe di Semua Jenjang

News

Tips Memilih Platform Cek Plagiarisme untuk Karya Tulis Guru atau Dosen

News

Tips Mengejar Kenaikan Pangkat Guru PNS yang Perlu Diketahui
https://naikpangkat.com/materi-pertemuan-ketiga-pelatihan-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-secara-mudah-gratis-32jp--scanning-jawaban-ujian-tatap-muka-dengan-zipgrade/

News

Cara Menggunakan Kelas Maya di Rumah Belajar Kemendikbud
menyusun dokumen ilmiah

News

Jenis Karya Inovatif Sederhana untuk Kenaikan Pangkat Guru

News

Guru Wajib Simak, Begini Alat dan Metode Evaluasi Implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila