Home / Advertorial / News / Pelatihan Guru

Selasa, 29 Maret 2022 - 14:26 WIB

[100% GRATIS] Diklat 32JP Kurikulum Merdeka

Dalam memahami kurikulum merdeka, pendidik perlu menambah wawasan, salah satunya dengan mengikuti diklat gratis dari eguru.id ini. Seperti yang diketahui bahwa program merdeka belajar merupakan program baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memerlukan sosialisasi untuk dilakukan, termasuk program-program yang berkaitan dengan pembelajaran.

Selain program merdeka belajar, pemerintah juga menyiapkan program merdeka mengajar yang dirancang untuk memudahkan pendidik dalam proses pembelejaran. Melalui platform Merdeka Mengajar, teman-teman SD yang berprofesi sebagai guru akan mendapat bimbingan, inspirasi dan pemahaman untuk menerapkan kurikulum Merdeka melalui kegiatan belajar mengajar dan berkreasi.

Salah satu menu yang tersedia di platform Merdeka Mengajar adalah menu Perangkat Edukasi. Menu Learning Tools pada platform Merdeka Mengajar berisi kumpulan perangkat pembelajaran. Guru dapat menggunakan Learning Tools untuk mencari referensi atau inspirasi materi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswanya. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 2.000 referensi perangkat pembelajaran berbasis kurikulum mandiri.

Perangkat pendidikan atau edukasi meliputi buku teks, modul studi, modul proyek untuk meningkatkan profil siswa Pancasila, contoh kurikulum kerja untuk satuan pendidikan, video instruksional dan format lainnya. Berikut adalah contoh panduan belajar yang disediakan oleh program studi independen pemerintah:

A. Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Modul Proyek Profil Mahasiswa Pancasila adalah dokumen yang berisi tujuan, pencapaian, pembelajaran dan perangkat penilaian yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek Profil Mahasiswa Pancasila. Guru dapat membuat, memilih dan memodifikasi sendiri modul proyek yang tersedia sesuai dengan keadaan, karakteristik dan kebutuhan siswa mereka.

Baca Juga:  Pelatihan Khusus Bersertifikat 90 JP : Aktualisasi P5 dalam Kurikulum Merdeka

Departemen pendidikan dan guru dapat mengembangkan modul proyek sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, dan dapat memodifikasi dan/atau menggunakan modul proyek yang disediakan pemerintah sesuai dengan wilayah, departemen pendidikan, dan karakteristik siswa.

B. Modul Ajar

Modul pendidikan adalah dokumen yang berisi kutipan serta tujuan, langkah-langkah dan media pendidikan serta tujuan, langkah-langkah dan media pelatihan sesuai dengan aliran tujuan pembelajaran. Sekolah pembibitan memiliki kebebasan untuk memilih dan mengubah modul pendidikan yang tersedia, tergantung pada konteks, karakteristik, dan kebutuhan. Pemerintah memberikan contoh modul teks yang dapat digunakan sebagai inspirasi untuk unit pendidikan. Pendidikan dan Guru dapat mengembangkan modul pendidikan sesuai dengan persyaratan pendidikan, perubahan, dan / atau modul siswa yang disediakan oleh pemerintah, tergantung pada karakteristik karakteristik lokal, guru, dan siswa.

C. Buku Teks

Buku ajar terdiri dari buku ajar dasar dan buku ajar tambahan. Buku ajar utama adalah buku ajar yang digunakan di kelas berdasarkan kurikulum yang berlaku. Dalam konteks pendidikan, buku teks utama terdiri dari buku teks untuk siswa dan buku pedoman untuk guru. Buku ajar adalah pedoman siswa, dan pedoman guru adalah pedoman guru atau acuan pembelajaran berbasis buku ajar. Tergantung pada kebutuhan dan karakteristik mata pelajaran, hanya ada buku pedoman guru untuk beberapa mata pelajaran, seperti Pendidikan Pancasila di SD/MI, Seni dan Kriya, dan PJOK.

Baca Juga:  Download Materi Kedua Free Diklat 32JP Penilaian Interaktif dan Koreksi Jawaban Ujian Mudah : Membuat soal Drag and Drop

Info Diklat Gratis!

Guna mengetahui lebih lanjut, anda dapat mengikuti diklat gratis “Menyusun Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka”. Menghadirkan Narasumber yang Kompeten pada Bidang Pendidikan, yakni Dr. Yogi Anggraena, M.Si (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, BSKAP, Kemdikbudristek), dan Fitria Martanti, S.Pd.,M.Pd (Pelatih Ahli Sekolah Penggerak)

Pelaksanaan diklat gratis tanggal 01 – 04 April 2022, pukul 16.00-17.30 WIB. Gratiss 💯 Tanpa Biaya Pendaftaran, dengan fasilitas meliputi Sertifikat Bernama 32JP, Seminar Kit (Materi, Undangan, Rekap Daftar Hadir), Contoh Laporan Kegiatan, Contoh Laporan Pengembangan Diri, Akses Zoom Meeting & Live Streaming Youtube.

Syarat Pendaftaran:

1️. Share ke 3 group pendidikan aktif
2️. Join Channel Telegram Diklat.co dan Guru Belajar ID
https://t.me/DiklatDotCo dan https://t.me/Guru_BelajarID
3️. Subscribe Channel YouTube Belajar Era Digital
https://youtube.com/c/BelajarEraDigital
4. Mengisi link pendaftaran
https://bit.ly/FreeDiklat-PerangkatAjar

untuk info lebih lanjut silahkan hubungi:
http://Wa.me/62895390661600 (Nurha)
http://Wa.me/6283829360847 (Idha)

-Lan-

https://naikpangkat.com/100-gratis-dikla…urikulum-merdeka/

Share :

Baca Juga

News

Pengumuman Uji Kompetensi PPG Prajabatan dan Dalam Jabatan

News

100% Gratis! Seminar Nasional : Tips Menulis Artikel Ilmiah Populer Di Media Online
asesmen diagnostik

News

Menggunakan Google Form untuk Kuis Online

News

Apa Betul PPPK Berpeluang Dapat Uang Pensiun?

News

Cari Tahu Soal Permendukbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021, Ini Kata Mendikbud dan Dirjen GTK !

News

PNS Bisa Kena Sanksi Jika Tak Selesaikan Tugas Belajar!
pendataan non-ASN

Karya Ilmiah

Tips Mudah Proses Pembelajaran dan Cara Membuat Puisi Untuk Anak SD

News

Kriteria Sekolah Yang Dapat Menerapkan Kurikulum Prototipe!