Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Semangat Siswa dalam Kegiatan Evaluasi 

- Editor

Sabtu, 3 Desember 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ditulis oleh Silfa Herawati, S.Pd

Guru di SMA Islam Sudirman Kudus

 

Seorang guru harus terus belajar dalam hal teknologi, selalu beradaptasi dengan zaman sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi siswa. Saat ini, dalam melakukan evaluasi, guru lebih dimudahkan dengan berbagai pilihan penggunaan media secara online, salah satunya adalah Wordwall.

Wordwall merupakan aplikasi berbasis website yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran atau media evaluasi seperti kuis, game edukasi menjodohkan, permainan memasangkan pasangan, membuat anagram, acar kata, pencarian kata, teka teki silang, dan lain sebagainya. Dengan cara tersebut dalam kegiatan evaluasi, siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengerjakan soal karena tidak monoton dan lebih tertantang dalam menyelesaikan sebuah soal. 

Menariknya, selain pengguna dapat menggunakan media tersebut secara daring, juga dapat diunduh dan dicetak di kertas. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis, serta pengguna dapat berganti template aktivitas satu ke aktivitas lainnya dengan mudah. Bahkan dalam platform Wordwall ini, siswa dapat mengerjakan soal sambil bermain. Sehingga siswa menjadi lebih tertantang dan kegiatan evaluasi menjadi tidak membosankan dan menyenangkan. Meski demikian, siswa tetap dituntut untuk berpikir menemukan jawaban yang tepat dari pertanyaan yang telah diberikan. 

Dalam menangani berbagai masalah yang dihadapi siswa, guru dituntut untuk dapat lebih bisa berkreasi dan berinovasi. Contohnya adalah memanfaatkan media pembelajaran berbasis game seperti yang telah disebutkan di atas.  Penggunaan media tersebut sangat penting sehingga dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam konteks ini, guru perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah media yang digunakan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran.  

Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi, baik evaluasi hasil belajar maupun evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran merupakan proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi informasi secara sistematis untuk menentukan  ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk  mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Hasil belajar yang rendah merupakan suatu masalah dalam proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dapat disebabkan karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi selama proses pembelajaran berlangsung, salah satunya adalah kurangnya inovasi dalam pemilihan media pembelajaran. Hal tersebut dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan sehingga berakibat pada kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, yang berdampak pada penurunan hasil belajar.

Sekarang terbukti bahwa siswa lebih tertarik untuk bermain game menggunakan gadget  daripada mengikuti proses pembelajaran di kelas. Alasan para siswa menyukai game cukup beragam, di antaranya adalah menjadi sarana hiburan bagi siswa karena merasa lebih menarik dan tertantang.

Melihat kondisi tersebut, guru harus bisa mengintegrasikan antara game dan pembelajaran. Sehingga pemanfaatan Wordwall dalam pembelajaran, terlebih dalam kegiatan evaluasi, bisa menjadi pilihan untuk menghadirkan inovasi pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Editor: Moh. Haris Suhud, S.S.

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru