Teknologi adalah ilmu pengetahuan ilmiah untuk tujuan praktis. Mengenalkan teknologi di usia dini sangatlah penting. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dapat memberikan manfaat dalam mengembangkan aspek perkembangan anak secara umum maupun perkembangan aspek kognitif.
Teknologi dapat digunakan sebagai media penyampai pesan pembelajaran yang menarik dan interaktif sehingga dapat meningkatkan minat anak saat mengikuti pembelajaran. Anak usia dini dapat belajar dengan mudah atas adanya teknologi, anak juga dapat dengan mudah mengenali dunia luas dan menguasai bahasa asing.
Berikut merupakan jenis teknologi yang dapat mendukung pembelajaran anak usia dini:
1. Kalkulator
Penggunaan kalkulator di lingkungan sekolah masih menjadi perdebatan panjang, ada pihak yang pro namun tidak sedikit pula yang kontra akan hal tersebut. Pasalnya, mereka yang kontra berpendapat bahwa penggunaan kalkulator hanya akan membodohi anak.
Perspektif tersebut tentunya tidak hanya dilihat dari satu sisi saja. Apabila penggunaan kalkulator hanya untuk proses penjumlahan dan pengurangan, memang benar akan memberikan dampak negatif pada anak.
Hal tersebut akan menjadikan anak malas berpikir dan menjadi bodoh. Oleh karena itu, penggunaannya harus diperbaiki, alih-alih menyingkirkan kalkulator dari anak.
Kalkulator tidak hanya digunakan untuk menghitung, namun juga difungsikan sebagai alat untuk melatih kemampuan penemuan (discovery), yakni anak berlatih menemukan algoritme yang terdapat dalam kalkulator.
Pengenalan kalkulator sebagai teknologi di usia dini adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Karena ketika nantinya anak-anak memasuki usia dewasa akan dihadapkan dengan benda-benda seperti kalkulator yang sangat bermanfaat untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang jauh lebih kompleks.
2. Komputer
Multimedia yang sangat baik untuk belajar adalah komputer. Komputer digunakan untuk belajar membaca dan menulis. Jika terdapat kesalahan dalam menulis, tulisan dapat dihapus dengan mudah.
Selain berfungsi untuk menulis, komputer juga memfasilitasi kegiatan menggambar anak, seperti menggambar bentuk (shapes) segi empat, segitiga, lingkaran, persegi panjang dan beraneka macam bentuk lainnya. Gambar yang sudah dibuat dapat dengan mudah diwarnai oleh anak.
Program kidpix merupakan software untuk menggambar dalam bentuk problem solving yang amat digemari oleh anak. Selain itu, computer juga dilengkapi dengan CD ROM yang memungkinkan anak untuk memutar CD interaktif yang mengandung pembelajaran bagi anak, seperti pengenalan huruf alphabet, angka-angka, warna, bentuk geometri dan menonton film kartun.
Perkembangan komputer berikutnya yakni internet. Internet merupakan media yang menakjubkan bagi anak-anak. Bagaimana tidak, dengan internet anak-anak dapat menjelajahi dunia dan belajar fenomena alam dengan leluasa.
Halaman selanjutnya
Jangkauan internet terlampau luas…
Halaman : 1 2 Selanjutnya