Kelebihan WhatsApp sebagai Media Belajar Online

- Editor

Kamis, 15 Juli 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi seperti sekarang ini guru harus pintar-pintar dalam memilih media belajar online yang tepat. Sehingga media tersebut memungkinkan semua siswa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Dan salah satu media belajar online yang bisa digunakan guru adalah WhatsApp. 

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi yang dapat berjalan di ponsel dengan sistem Android atau iOS. Untuk menggunakan aplikasi ini gratis dan tidak ada iklannya sama sekali. Sehingga ketika digunakan sebagai media pembelajaran tidak akan terdapat iklan yang mengganggu. 

Karena gratis dan mudah digunakan, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak didownload oleh pengguna ponsel di seluruh dunia. 

Aplikasi WhatsApp ini memang tidak didesain khusus sebagai media pembelajaran, melainkan sebagai media sosial. Namun demikian, WhatsApp memiliki sejumlah fitur yang dapat mendukung pembelajaran online. Misalnya, WhatsApp bisa digunakan untuk mengirim berbagai file seperti dokumen, video, gambar dan lain sebagainya. 

Hampir setiap siswa, sudah bisa dipastikan memiliki akun WhatsApp. Hal tersebut akan membuat pembelajaran secara online dapat diikuti oleh para siswa. Dan yang tak kalah penting, WhatsApp ini cukup efektif sebagai media belajar di berbagai daerah karena untuk menjalankan WhatsApp tidak membutuhkan kecepatan internet yang tinggi. 

Oleh sebab itu, WhatsApp merupakan salah satu media pembelajaran online yang sangat disarankan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 ini. 

Selebihnya, kenapa WhatsApp layak menjadi pilihan? Simak ulasannya berikut ini:

Dapat Mengirim Berbagai Format

Guru yang melaksanakan pembelajaran online melalui WhatsApp dapat mengirimkan materi pembelajaran dalam berbagai format. Misalnya, guru ingin menerangkan melalui sebuah video, dapat mengirimkan video tersebut secara langsung di WhatsApp atau melalui sebuah tautan. Guru juga bisa mengirim materi melalui dokumen baik dengan ekstensi Words, Excel, atau PDF, semua dapat dilakukan melalui WhatsApp. 

Jika dalam kondisi sinyal yang bagus, guru dan siswa bisa langsung komunikasi secara interaktif melalui panggilan video yang bisa dilakukan secara bersama-sama. 

Hemat Kuota dan Stabil

Pembelajaran yang dilakukan melalui WhatsApp relatif lebih hemat kuota internet dibandingkan jika menggunakan Zoom dan sejenisnya. Dan yang tak kalah penting, WhatsApp ini dapat berfungsi cukup baik meskipun dalam kondisi jaringan internet yang tidak begitu cepat. 

Dengan pertimbangan tersebut, maka penggunaan WhatsApp ini akan memberikan keuntungan bagi siswa karena belajar melalui media tersebut tak perlu mengkhawatirkan menghabiskan kuota data yang banyak. 

Bisa untuk Membuat Ujian/Kuis

Pembelajaran yang dilakukan melalui WhatsApp juga bisa menggelar ujian atau memberikan kuis pada siswa secara langsung melalui aplikasi. Soal-soal yang dibuat di WhatsApp tersebut dapat memberikan respon secara otomatis serta penilaiannya. Sehingga fitur ini akan sangat menarik baik untuk guru dan juga siswa. 

Itulah beberapa kelebihan WhatsApp sebagai media pembelajaran online. Apakah Anda sudah pernah mencobanya? 

Pelatihan di atas gratis untuk member e-Guru.id. Dan untuk daftar menjadi member e-Guru.id dapat dilakukan melalui link berikut ini: DAFTAR MEMBER 

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi via WhatsApp atau Telegram.

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 55 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru