Berikut merupakan contoh ice breaking untuk MPLS yakni:
1. Siapa Kamu
Pertama, game ice breaking siapa kamu ini sangat cocok untuk MPLS karena game ini bertujuan agar setiap peserta didik baru agar bisa saling mengenal. Caranya adalah peserta diminta baris melingkar dengan posisi duduk kemudian tunjuk satu anak untuk memperkenalkan namanya dan satu sifatnya.
Setelah itu, minta anak di sebelah kanannya untuk menyebutkan kembali nama dan sifat anak sebelumnya, sebelum ia menyebutkan nama dan sifatnya sendiri. Begitu seterusnya hingga semua anak mendapatkan giliran. Jika ada yang lupa, maka mintalah anak tersebut untuk bertanya langsung pada temannya tersebut mengenai nama dan sifatnya.
2. Sambung Kata
Kedua, permainan sambung kata yang dapat dilakukan dengan cara atur peserta didik baru agar duduk melingkar dengan pengisi acara berada di tengah lingkaran. Pengisi acara menyebutkan satu kata, kemudian menunjuk anak secara acak untuk menyebutkan satu kata baru yang “nyambung” dengan kata sebelumnya.
Setelah itu, anak di sebelahnya harus meneruskan dengan menyebutkan satu kata tambahan hingga anak terakhir dan berhasil membentuk sebuah kalimat. Setiap peserta didik diberikan waktu beberapa detik untuk memikirkan kata. Apabila gagal, maka harus keluar dari lingkaran. Setelah itu, ulangi lagi hingga kemudian hanya tersisa satu peserta didik yang kemudian menjadi pemenangnya.
3. Lempar Spidol
Ketiga lempar spidol yakni sebuah permainan yang sangat sederhana dan bisa dimainkan di tengah-tengah acara untuk mengusir kebosanan. Caranya yakni pengisi acara harus melempar sebuah spidol ke atas, kemudian menangkapnya saat spidol jatuh. Ketika spidol dilempar, maka peserta didik harus bertepuk tangan dan baru berhenti setelah spidol ditangkap. Pengisi acara bisa membuat variasi, seperti pura-pura melempar spidol dan melihat siapa yang bertepuk tangan.
Selain itu juga bisa dilakukan dengan berpura-pura menangkap spidol dan sengaja meleset guna melihat siapa yang berhenti bertepuk tangan. Variasi lainnya adalah bis dengan melempar spidol sampai tinggi atau sangat pendek.
4. Daftar Hewan
Keempat permainan daftar hewan yang dapat dimainkan dengan cara pengisi acara bisa menyebutkan satu hewan, kemudian tunjuk peserta didik secara acak kemudian peserta didik yang ditunjuk harus menyebutkan nama hewan baru sesuai dengan huruf terakhir dari hewan yang disebutkan pengisi acara.
Misalnya pengisi acara menyebutkan kerbau maka peserta didik yang ditunjuk harus menyebutkan hewan dengan awalan huruf K, misalnya kancil. Setelah itu, peserta didik tersebut bisa menunjuk secara bebas temannya untuk melanjutkan permainan dengan aturan yang sama.
5. Penggalan Kata
Kelima permainan penggalan kata yang dapat dimainkan dengan cara bentuklah peserta didik menjadi beberapa kelompok, kemudian minta dua kelompok untuk bermain pada setiap babaknya.
Dua kelompok tersebut diminta untuk saling berhadapan yang mana salah satu menyebutkan penggalan kata dan lainnya menebak. Misalnya kata-kata yang diberikan oleh pengisi acara adalah pesawat kertas dengan penggalan kata pe-sa wat-ker-tas, maka seluruh anggota kelompok menyebutkan penggalan kata tersebut secara bersama-sama dan kelompok lawan berusaha menebak.
Biasanya kesulitan dari permainan ini adalah kelompok yang menebak akan kebingungan karena penggalan kata yang diucapkan secara bersama-sama tidak terlalu jelas terdengar.
6. Bolpoin Berjalan
Halaman Selanjutnya
Keenam permainan bolpoin berjalan…
Halaman : 1 2 3 Selanjutnya