Home / Opini

Rabu, 28 April 2021 - 00:17 WIB

Dukungan Orang Tua Siswa dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi

Kita semua tahu pada saat ini kondisi dan situasi sedang tidak kondusif akibat pandemi yang berkepanjangan. Hal ini berdampak juga pada proses pembelajaran di sekolah yang mengharuskan menggunakan sistem  belajar jarak jauh  atau BDR. 

Dengan pembelajaran seperti ini, orang tua punya andil penting untuk membantu dan membimbing anaknya belajar sehingga pencapaian hasil belajar tetap baik. Selain itu, orang tua dituntut untuk menyiapkan dan memfasilitasi anaknya supaya tetap semangat dan tidak lupa belajar

Banyak sekali kendala yang harus dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Namun para guru harus tetap berusaha keras menghadapi dan melewati semua ini dengan penuh keikhlasan dan penuh rasa tanggung jawab.

Pasalnya, keberhasilan pendidikan ada di tangan para guru dan orang tua. Anak didik harus tetap menjadi prioritas utama . Dengan adanya pandemi ini, jangan sampai menurunkan semangat demi masa depan bangsa yang lebih indah.

Baca Juga:  Mengajar di Tengah Pandemi yang Menyentuh Hati

Sayang sekali memang, tidak jarang dijumpai anak yang masih bermalas-malasan ketika menjalani pembelajaran jarak jauh ini. Banyak dari mereka tidak mau mengerjakan tugas karena merasa bosan dengan situasi belajar seperti ini.

Mereka tampaknya sudah jenuh belajar di rumah. Apalagi jika perhatian orang tua yang tidak maksimal. Terlebih lagi, tidak sedikit orang tua yang suka marah-marah karena merasa  capek dibebani tugas sekolah anaknya . Di sisi lain pekerjaan dan rutinitas orang tua tidak bisa ditinggalkan.

Namun dalam kondisi yang tidak ideal seperti sekarang ini, seorang guru harus tetap berusaha dan berupaya menciptakan  suasana belajar yang  menarik meskipun hanya lewat grup WhatsApp. Misalnya, dengan memberikan video-video pembelajaran yang menarik sehingga anak menjadi tertarik dan tidak merasa bosan mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan guru.

Baca Juga:  Guru sebagai Coach dalam Pendidikan

Ketika guru sudah bekerja keras, orang tua mempunyai peran penting untuk selalu memotivasi dan mendorong minat belajar anaknya. Perlu juga untuk terus menumbuhkan kesadaran yang tinggi akan pentingnya belajar.

Orang tua harus pandai menumbuhkan semangat, menjelaskan  tujuan belajar, dan memberikan arahan yang jelas agar anaknya tetap bersemangat belajar di rumah, serta tetap semangat meraih cita-cita demi masa depan mereka sendiri.

Jadi, mari para orang tua siswa semuanya, kita bersama-sama mendorong anak-anak agar tetap semangat di tengah kondisi yang kurang menyenangkan ini.

Ditulis oleh: Eutik Hayati,S.Pd.SD, Guru di SDN 3 Mangunreja

Share :

Baca Juga

matematika dan al quran

Opini

Konsep Relasi dalam Matematika dan Al Quran
bahaya internet untuk remaja

Opini

Waspada Bahaya Internet bagi Remaja
mengajar menulis puisi

Opini

Mudah Mengajar Siswa Menulis Puisi dengan Pendekatan Anatomi

Opini

Mari Menjaga Kesehatan Mental Guru di Masa Pandemi Covid-19
media gambar dalam pembelajaran

Opini

Macam-Macam Metode Menciptakan Kelas yang Menyenangkan

Opini

Sepenggal Kisah Lucu Mengajar di Masa Pandemi

Opini

Tips Menjadi Guru Favorit yang Disukai Siswa

Opini

Ketika Orang Tua Harus Menjadi Guru Profesional