Home / Pengembangan Diri

Kamis, 25 Maret 2021 - 23:18 WIB

Cara Mudah Pengembangan Diri bagi Guru

Pengembangan diri guru – Seorang guru, meskipun sudah mengajar, memang masih dituntut untuk terus belajar. Manfaatnya tentu saja untuk meningkatkan kompetensi dan juga menambah wawasan sebagai pendidik. Dan pengembangan diri di era digital seperti sekarang sangat mudah dilakukan. 

Setidaknya terdapat tiga cara mudah untuk pengembangan diri guru, yaitu dengan cara mengikuti pelatihan online, in house training, atau belajar mandiri. Semua cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi pada intinya, pengembangan diri kompetensi guru sangat mudah dilakukan. 

Pada zaman pra digital, guru yang ingin meningkatkan kompetensi mungkin harus mengikuti pelatihan-pelatihan yang berada di luar kota. Sehingga hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk biaya transportasi dan juga akomodasi selama mengikuti pelatihan. Sehingga pengembangan diri di masa lalu yang paling mudah adalah dengan cara belajar mandiri. 

Sementara itu pengembangan diri di era digital seperti sekarang relatif sangat mudah. Banyak alternatif yang bisa dipilih dan ilmu yang didapatkan juga tak kalah besarnya. 

Berikut ini merupakan beberapa cara cara paling mudah untuk pengembangan diri guru di era digital: 

Baca Juga:  5 Website untuk Membuat Video Pembelajaran Animasi dengan Mudah

Mengikuti Pelatihan Online

Salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan diri guru di era digital adalah dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan yang digelar khusus untuk guru secara online.  

Banyak sekali pelatihan pengembangan diri guru yang digelar secara online, misalnya pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id yang digelar setiap bulan dengan topik yang bermacam-macam. Setiap topik tersebut, pastinya akan menambah wawasan dan juga meningkatkan keterampilan guru dalam menjalani profesinya sebagai pendidik. 

Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, peserta pelatihan online juga bisa mendapatkan sertifikat yang diakui. 

Intinya, mengikuti pelatihan online dapat memberikan dampak besar terhadap kompetensi guru. Selain itu, pelatihan online juga sangat murah dan mudah karena bisa dilakukan dari rumah sehingga tidak membutuhkan biaya transportasi dan akomodasi untuk mengikuti pelatihan tersebut. 

In House Training

Mengikuti pelatihan dengan sistem in house training juga bisa menjadi pilihan. Dengan format pelatihan seperti ini, memungkinkan peserta dapat berinteraksi secara langsung dengan narasumber pelatihan. Namun di samping itu, pelatihan seperti ini juga akan banyak menghabiskan banyak waktu sehingga guru harus meninggalkan pekerjaan utamanya di sekolah. 

Baca Juga:  Informasi Fasilitas Diklat 32JP Guru Bisa Menulis

Dari kegiatan pelatihan in house training ini biasanya juga akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah mengikuti acara pengembangan diri. Nantinya, sertifikat yang didapatkan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat dan lain sebagainya. 

Belajar Mandiri

Cara yang paling mudah untuk mengembangkan diri guru adalah dengan cara belajar secara mandiri melalui buku-buku dan media lainnya. Namun cara ini tidak mendapatkan sertifikat. 

Namun demikian, pengembangan diri secara mandiri tetap perlu dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan, wawasan, keilmuan guru yang dapat memperlancar dalam menjalankan tugasnya. Misalnya, guru belajar bisa belajar cara pengelolaan nilai siswa secara efektif melalui buku. Sehingga ketika melakukan pekerjaan tersebut, guru dapat melakukannya lebih praktis dan lebih mudah. 

Jika Anda ingin mengembangkan kompetensi diri untuk mempermudah pekerjaan pengelolaan nilai siswa dapat belajar dari buku berikut ini: 

Demikian adalah beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi. 

Share :

Baca Juga

Guru Matematika

Pelatihan Guru

Tips Menjadi Guru Matematika Idaman Siswa

Pengembangan Diri

Materi Pertemuan Pertama Diklat Aktualisasi Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka : Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Karya Inovatif

Daftar Gratis! Bimtek 40JP Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat

Pelatihan Guru

Apakah Anda Sudah Mampu Mengoptimalkan WhatsApp untuk Pembelajaran Jarak Jauh?

Karya Inovatif

Segera Daftar! Diklat Gratis 35JP Digital Media Pembelajaran

Pengembangan Diri

Seminar Gratis Bersertifikat! Hidden Curriculum dalam pembelajaran

News

Tentang Pendidikan Guru Penggerak (Kurikulum, Seleksi, dan Jadwal)

Pengembangan Diri

Webinar LPPKSPS Kemendikbudristek : Platform Merdeka Mengajar