Cara Mudah Pengembangan Diri bagi Guru

- Editor

Kamis, 25 Maret 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pengembangan diri guru – Seorang guru, meskipun sudah mengajar, memang masih dituntut untuk terus belajar. Manfaatnya tentu saja untuk meningkatkan kompetensi dan juga menambah wawasan sebagai pendidik. Dan pengembangan diri di era digital seperti sekarang sangat mudah dilakukan. 

Setidaknya terdapat tiga cara mudah untuk pengembangan diri guru, yaitu dengan cara mengikuti pelatihan online, in house training, atau belajar mandiri. Semua cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi pada intinya, pengembangan diri kompetensi guru sangat mudah dilakukan. 

Pada zaman pra digital, guru yang ingin meningkatkan kompetensi mungkin harus mengikuti pelatihan-pelatihan yang berada di luar kota. Sehingga hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk biaya transportasi dan juga akomodasi selama mengikuti pelatihan. Sehingga pengembangan diri di masa lalu yang paling mudah adalah dengan cara belajar mandiri. 

Sementara itu pengembangan diri di era digital seperti sekarang relatif sangat mudah. Banyak alternatif yang bisa dipilih dan ilmu yang didapatkan juga tak kalah besarnya. 

Berikut ini merupakan beberapa cara cara paling mudah untuk pengembangan diri guru di era digital: 

Mengikuti Pelatihan Online

Salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan diri guru di era digital adalah dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan yang digelar khusus untuk guru secara online.  

Banyak sekali pelatihan pengembangan diri guru yang digelar secara online, misalnya pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id yang digelar setiap bulan dengan topik yang bermacam-macam. Setiap topik tersebut, pastinya akan menambah wawasan dan juga meningkatkan keterampilan guru dalam menjalani profesinya sebagai pendidik. 

Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, peserta pelatihan online juga bisa mendapatkan sertifikat yang diakui. 

Intinya, mengikuti pelatihan online dapat memberikan dampak besar terhadap kompetensi guru. Selain itu, pelatihan online juga sangat murah dan mudah karena bisa dilakukan dari rumah sehingga tidak membutuhkan biaya transportasi dan akomodasi untuk mengikuti pelatihan tersebut. 

In House Training

Mengikuti pelatihan dengan sistem in house training juga bisa menjadi pilihan. Dengan format pelatihan seperti ini, memungkinkan peserta dapat berinteraksi secara langsung dengan narasumber pelatihan. Namun di samping itu, pelatihan seperti ini juga akan banyak menghabiskan banyak waktu sehingga guru harus meninggalkan pekerjaan utamanya di sekolah. 

Dari kegiatan pelatihan in house training ini biasanya juga akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah mengikuti acara pengembangan diri. Nantinya, sertifikat yang didapatkan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat dan lain sebagainya. 

Belajar Mandiri

Cara yang paling mudah untuk mengembangkan diri guru adalah dengan cara belajar secara mandiri melalui buku-buku dan media lainnya. Namun cara ini tidak mendapatkan sertifikat. 

Namun demikian, pengembangan diri secara mandiri tetap perlu dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan, wawasan, keilmuan guru yang dapat memperlancar dalam menjalankan tugasnya. Misalnya, guru belajar bisa belajar cara pengelolaan nilai siswa secara efektif melalui buku. Sehingga ketika melakukan pekerjaan tersebut, guru dapat melakukannya lebih praktis dan lebih mudah. 

Jika Anda ingin mengembangkan kompetensi diri untuk mempermudah pekerjaan pengelolaan nilai siswa dapat belajar dari buku berikut ini: 

Demikian adalah beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi. 

Berita Terkait

Informasi Terbaru tentang PPG Daljab 2024 di Laman Resmi Kemendikbud
Panduan Lengkap PPG Daljab 2024: Syarat, Proses Seleksi, Pelakanaan, Materi, Tips Sukses
Gratis! Download Sertifikat Webinar Pendidikan 32 Jam Bulan Juli 2024
5 Pilihan Pelatihan Guru Online Gratis Bersertifikat 5-26 Juni 2024
Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024
Pengumuman Penting dari Kemdikbud, Harap Bersiap Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi 28 Maret Besok, Jangan Terlewat!
Sudah Lama Dinantikan, Guru dan Kepala Sekolah Wajib Bersiap Hanya di Tanggal 14 Maret 2024
Berita ini 52 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 3 Juli 2024 - 10:02 WIB

Informasi Terbaru tentang PPG Daljab 2024 di Laman Resmi Kemendikbud

Rabu, 3 Juli 2024 - 07:30 WIB

Panduan Lengkap PPG Daljab 2024: Syarat, Proses Seleksi, Pelakanaan, Materi, Tips Sukses

Minggu, 30 Juni 2024 - 18:22 WIB

Gratis! Download Sertifikat Webinar Pendidikan 32 Jam Bulan Juli 2024

Selasa, 4 Juni 2024 - 09:10 WIB

5 Pilihan Pelatihan Guru Online Gratis Bersertifikat 5-26 Juni 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Berita Terbaru