Home / News

Sabtu, 24 April 2021 - 05:36 WIB

Cara Mudah Membuat Video Animasi Pembelajaran

Membuat video animasi pembelajaran ternyata tidak sulit. Dengan bantuan sejumlah aplikasi yang mudah digunakan, seorang guru yang tugas utamanya adalah mengajar juga mungkin bisa membuat video animasi sendiri. Kemudian video animasi tersebut nantinya dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan.

Mengajar menggunakan video animasi pastinya akan sangat menarik sekali. Sehingga, guru dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti materi yang disampaikan. Dengan begitu, penyampaian materi akan lebih efektif.

Mengajar menggunakan video animasi juga bisa meringankan pekerjaan guru. Ketika guru harus menyampaikan materi yang rumit, misalnya, penyampaian materi tersebut bisa digantikan oleh video animasi yang dibuat oleh guru. Biasanya, siswa akan lebih mudah menangkap materi pelajaran yang rumit yang disajikan secara visual termasuk melalui video animasi. 

Keuntungan lainnya, hanya sekali membuat video animasi  saja, materi tersebut dapat digunakan berkali-kali Jadi ketika guru akan mengajar di kelas lain, misalnya, tidak perlu mengulang materi lagi. 

Itulah kenapa mengajar menggunakan video animasi akan sangat meringankan pekerjaan guru. Selain itu, penyampaian materi dengan video animasi bisa lebih efektif daripada guru harus menerangkan sendiri.

Baca Juga:  DIKLAT: Membangun Channel Youtube Edukasi sebagai Media Pembelajaran dan Mendapatkan Profit

Tapi pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara membuat video animasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran?

Bapak dan Ibu guru tidak perlu khawatir tidak bisa membuat video animasi. Pasalnya banyak aplikasi yang dapat digunakan baik secara offline maupun online.

Inilah caranya!

Powtoon

Powtoon adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat video animasi pembelajaran. Penggunaannya lumayan mudah.

Aplikasi tersebut berbasis web. Jadi guru yang ingin menggunakan aplikasi tersebut tak perlu install aplikasi apapun di komputernya. Dan yang penting, Powtoon gratis digunakan.

Jika menginginkan menggunakan fitur-fitur yang lebih lengkap, bisa melakukan pendaftaran menjadi member premium sehingga dapat menggunakan semua fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut.

Animaker

Animaker juga salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk membuat video animasi. Pada aplikasi tersebut tersedia versi gratis dan berbayar.

Baca Juga:  Program Bimbingan Bisnis bagi Guru, Hasilkan Profit Besar

Menggunakan animaker untuk membuat video animasi pembelajaran juga terbilang tidak sulit. Anda bisa melakukan eksperimen sendiri untuk mengenal fitur-fitur yang ada dan menggunakan alat yang terdapat pada aplikasi tersebut.

Selain untuk membuat animasi, Animaker juga bisa digunakan untuk membuat slide presentasi dan juga membuat materi infografis.

Microsoft PowerPoint

Bahkan  membuat video animasi pun bisa melalui PowerPoint. Semua guru pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi dari Microsoft Office tersebut. Selain dapat digunakan untuk membuat slide presentasi, PowerPoint ternyata juga bisa digunakan untuk membuat video animasi.

Ingin tahu caranya? Silakan bergabung pada pelatihan untuk guru di bawah ini:

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut:

DAFTAR

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini:

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan:

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

News

Cara Membuat Soal Online dengan Quizizz

News

4 Langkah Membuat Karya Tulis Inovasi Pembelajaran
https://naikpangkat.com/guru-wajib-tahu-game-pembelajaran-proprofs/

News

Guru Tetap Mendidik Meskipun di Sosial Media

News

Guru Segera Daftar Sebelum Ditutup! Workshop 35 JP tentang Pembelajaran di Kurikulum Prototipe
https://naikpangkat.com/cara-ampuh-mengatasi-learning-loss/

News

Inilah 3 Manfaat Membaca untuk Anak Usia Dini
classpoint untuk pembelajaran

News

Pembelajaran Jarak Jauh Interaktif dengan Slido

News

Implementasi Program Pendidikan Karakter Berbasis Hidden Curriculum

News

Cara Membuat Game Edukasi di PowerPoint