Cara Menggunakan Google Classroom dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

- Editor

Sabtu, 11 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran wajib diketahui oleh guru. Pasalnya, meskipun saat ini pembelajaran sudah bisa dilakukan secara tatap muka, namun statusnya masih terbatas. Sehingga penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran tetap diperlukan. 

Seperti yang kita tahu bahwa sejak pandemi, ada banyak sekali perubahan yang terjadi. Perubahan tersebut nyaris menyentuh seluruh lini kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Perubahan ini bahkan dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat, baik yang dari kalangan atas maupun bawah. 

Salah satu perubahan yang sangat kentara adalah di mana proses pendidikan tidak boleh diadakan di sekolah. Dalam artian, sekolah-sekolah ditutup dan anak-anak harus belajar dari rumah saja. Yang mengalami dampak ini bukan hanya masyarakat Indonesia, melainkan seluruh dunia.

Meskipun demikian, proses pendidikan tetap harus dilaksanakan agar para siswa tetap bisa belajar. Walau dengan berbagai macam kendala. 

Meskipun kasus penularan pandemi Covid-19 sudah menurun, namun pembelajaran saat ini belum bisa dilakukan di sekolah secara penuh. Beberapa siswa masih harus belajar dari rumah. 

Nah, untuk itu, salah satu strategi pendidikan yang perlu dilaksanakan saat ini adalah pendidikan dengan memanfaatkan berbagai media. Salah satunya adalah Google Classroom. 

Google Classroom merupakan salah satu layanan Google. Aplikasi tersebut memang tepat menjadi pilihan pembelajaran secara online  yang kini banyak digunakan oleh para guru di seluruh daerah. 

Google Classroom sendiri merupakan platform pendidikan yang dapat membantu mengelola seluruh kegiatan pembelajaran. Mulai dari pemberian tugas kepada anak-anak, kemudian sebagai wadah untuk berdiskusi antara satu siswa dengan yang lain, menjadi alat komunikasi antara guru dengan para siswa, dan lain sebagainya.

Menariknya, layanan Google Classroom ini bisa diakses oleh siapapun secara gratis. Bukan hanya itu saja, keberadaan Google Classroom bahkan sangat membantu para guru dalam menjalankan tugasnya. Apalagi dalam penggunaannya dilengkapi dengan layanan google yang lainnya seperti Gmail, Google Drive, Google Form, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Google Classroom 

Adapun cara menggunakan Google Classroom ialah sebagai berikut ini: 

Membuat Kelas Sendiri

Anda perlu membuat kelas sendiri di awal. Caranya sangat mudah. Pertama, Anda masuk ke aplikasi Google Classroomnya. Pada bagian atasnya, terdapat menu ‘classes page’. Klik add. Lalu klik create class. Apabila opsinya tidak tersedia atau tidak dapat dipilih, maka Anda bisa menghubungi admin pengelola akun. Selanjutnya, masukkan nama kelas yang Anda ampu. 

Isi deskripsi secara singkat saja lalu atur jadwal kelas di kolom section. Agar bisa menambahkan mata pelajaran, Anda bisa memasukkannya di kolom subject. Isi kolom roomnya dengan lokasi kelas. Terakhir, tinggal klik create. Selesai. 

Begitu mengklik tombol “create”, maka secara otomatis Google akan membuatkan kelas yang nantinya bisa langsung Anda gunakan untuk proses pembelajaran termasuk untuk mengundang para siswa ke dalam kelas online tersebut. 

Untuk mengundang para siswa, Anda bisa masuk ke Google Classroom. Kemudian tinggal pilih kelas yang hendak Anda bagikan linknya. Lihat pada bagian kiri yang di bawah, ada tulisan “class code”. Tinggal klik code-nya kemudian salin, dan bagikan ke seluruh siswa.

Memberikan Materi dan Tugas

Setelah membuat kelas dan anak-anak sudah masuk, mungkin Anda bisa memberikan materi berupa video, gambar, dokumen, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memberikan tugas kepada mereka. 

Misalnya, Anda ingin memberikan tugas, silakan pilih kelas yang akan diberi tugas. Kemudian klik “classwork”. Pilih + (create), lalu klik material. Masukkan judul materi dan deskripsi kemudian tinggal impor saja materinya. 

Anda dapat menambahkan file baik yang ada di komputer atau di Google Sheets, Doc, atau yang lainnya. Jangan lupa pilih topik dan yang  terakhir klik “post”.

Begitulah cara menggunakan Google Classroom untuk pembelajaran secara online. Mudah, kan? 

Jangan lewatkan pelatihan khusus persembahan dari e-Guru.id dengan sertifikat 90 JP dengan judul “Berkolaborasi dengan Google untuk Mengatasi Learning Loss di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.” Klik link di bawah ini atau pada poster untuk mendaftar.

LINK PENDAFTARAN!

INFO LEBIH LANJUT, HUBUNGI: 088239943006

Berita Terkait

Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time
MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap
Menjelang Pembukaan Pendaftaran, Ketahui Perbedaan PPPK Guru Full Time dan Part Time di Tahun 2024
Siap-Siap Pindah Tugas, Kemenag Serahkan 505 SK untuk Guru
Tunjangan Insentif Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Tahun 2024 Telah Cair, Cek Sekarang!
KemenPANRB: Peraturan Baru Kenaikan Pangkat Guru PNS
2 Kategori Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Penerima Tunjangan Uang Makan Tahun 2024
Kabar Gembira untuk Guru TK, SD, SMP, SMA Usia 50 Tahun Ke Atas, Dengan Adanya Kebijakan Baru
Berita ini 33 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:48 WIB

Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:40 WIB

MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:11 WIB

Menjelang Pembukaan Pendaftaran, Ketahui Perbedaan PPPK Guru Full Time dan Part Time di Tahun 2024

Senin, 19 Februari 2024 - 11:20 WIB

Tunjangan Insentif Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Tahun 2024 Telah Cair, Cek Sekarang!

Minggu, 18 Februari 2024 - 13:32 WIB

KemenPANRB: Peraturan Baru Kenaikan Pangkat Guru PNS

Minggu, 18 Februari 2024 - 11:42 WIB

2 Kategori Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Penerima Tunjangan Uang Makan Tahun 2024

Sabtu, 17 Februari 2024 - 13:05 WIB

Kabar Gembira untuk Guru TK, SD, SMP, SMA Usia 50 Tahun Ke Atas, Dengan Adanya Kebijakan Baru

Sabtu, 17 Februari 2024 - 12:21 WIB

Ada 1 Syarat Tambahan Baru untuk Pencairan Tunjangan Profesi Guru, Guru Wajib Bersiap!

Berita Terbaru