Home / News

Jumat, 1 Juli 2022 - 16:03 WIB

BREAKING NEWS Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Berikut Riwayat Penyakitnya

Menpan-RB Meninggal Dunia – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 setelah menjalani perawatan beberapa hari ini di rumah sakit. 

Informasi soal wafatnya mantan Sekretaris Jenderal PDI-P itu dibenarkan oleh politisi PDI-P, Junimart Girsang. “Ya dapat info dari Ka-BKN tadi berpulang jam 11.10,” tulis Junimart dalam pesan singkat kepada Kompas.com.

Sebelum kabar duka datang, Tjahjo memang sempat dirawat di rumah sakit pada 20 Juni 2022. Tidak diketahui pasti sakit yang diderita Tjahjo.  Sejak dirawat, Tjahjo sudah mulai tidak aktif sebagai menteri maupun kepartaian. Dia tak hadir saat pelaksanaan Rakernas II PDI-P yang dibuka 21 Juni lalu.  Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri terus memantau kondisi Tjahjo. Presiden Joko Widodo juga turut membesuk Tjahjo tak lama setelah Tjahjo dibawa ke rumah sakit.   

Menpan-RB Meninggal Dunia

Profil Tjahjo Kumolo 

Dikutip dari situs pribadinya, Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957.  Ia adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.  Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.   

Ia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.  Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P. Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

Baca Juga:  Tiga Jenis Komponen Pengembangan Soal AKM Literasi

Menpan-RB Meninggal Dunia

Riwayat Penyakit

Beberapa waktu lalu, putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari menyebut sang ayah mengalami infeksi paru. Kabar tersebut disampaikan Minggu (26/6/2022). “Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya,” ujar Rahajeng, kala itu. Belakangan, ia memastikan kondisi sang ayah berangsur stabil. Rahajeng tidak mengkonfirmasi infeksi paru apa yang diidap Tjahjo Kumolo. Dikutip dari Healthline, infeksi paru yang sering menyerang umumnya bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis.

Ketiga jenis tersebut disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang paru-paru. Untuk mikroorganisme yang menyerang bronkitis di antaranya sebagai berikut. Virus influenza atau virus pernapasan syncytial (RSV). Bakteri seperti Mycoplasma pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, dan Bordetella pertussis. Untuk mikroorganisme penyebab pneumonia di antaranya sebagai berikut. Bakteri Streptococcus pneumoniae (paling umum), Haemophilus influenzae, dan Mycoplasma pneumoniae. Virus influenza atau RSV. Selain itu, untuk infeksi paru-paru jamur lebih sering terjadi pada orang yang mengalami imunosupresi, baik dari jenis kanker tertentu atau HIV atau dari minum obat imunosupresif.

Baca Juga:  Sekolah Wajib Melaksanakan PTM Terbatas di Tahun 2022

Penyakit Infeksi Paru-paru

Dikutip dari Medical News Today, infeksi paru-paru terjadi ketika mikroba berbahaya seperti bakteri atau virus, masuk ke paru-paru dan menyebabkan kerusakan. Keparahan infeksi paru-paru berkisar dari tingkat ringan hingga mengancam jiwa. Meskipun sebagian besar kasus infeksi paru-paru dapat disembuhkan, infeksi ini juga diyakini amat berbahaya. Terlebih, jika kondisi ini terjadi pada bayi, orang dewasa usia lanjut, atau orang dengan penyakit paru-paru atau sistem kekebalan yang lemah. Infeksi paru yang menyerang umumnya bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis.

Ketiga jenis tersebut disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang paru-paru. Identifikasi jenis infeksi penting untuk menentukan pengobatan. Meski pengenalan akan gejala dapat membantu identifikasi, seseorang memerlukan diagnosis dari dokter terkait infeksi paru-paru. Pasalnya, penyakit mengancam jiwa seperti kanker paru-paru dapat menyerupai gejala infeksi paru-paru tertentu.

Berita terkait Menpan-RB Meninggal Dunia

Dikutip dari Kompas.com dan health.detik.com

Demikian artikel mengenai Kabar Menpan-RB Meninggal Dunia. Semoga bermanfaat

(smo/smo)

Ingin Mendapatkan Pelatihan Reguler (32 JP) Bersertifikat Tiap Bulannya?

dan VIP Seminar Nasional Setiap Bulan?

Ayo Daftar Member Semesteran e-Guru.id (6 Bulan) ! Sekarang Juga!

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR!

Share :

Baca Juga

News

9 Tips Jitu Desain Pembelajaran Project Based Learning Kurikulum 2022
mengembangkan fitrah positif anak

News

Mengenal Model Pembelajaran PAIKEM dan Cara Penerapannya

News

Tenaga Guru Honorer Dihapus agar Kehidupan Pendidik Lebih Sejahtera
mengembangkan fitrah positif anak

News

Karakteristik Siswa Berdasarkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence)

News

Wajib Tahu, Inilah Prioritas Pelamar untuk Formasi PPPK Guru dan Tahapan Seleksi Tahun 2022!

News

Tugas dan Fungsi Guru BK yang Wajid Anda Pahami
marching band

News

Implikasi Teori Belajar Piaget Dalam Strategi Pembelajaran

News

Apa Betul PPPK Berpeluang Dapat Uang Pensiun?