Home / News

Rabu, 28 September 2022 - 13:26 WIB

781 Ribu Guru Dibutuhkan Saat Seleksi PPPK Guru 2022

781 Ribu Guru – Informasi baru mengenai PPPK Guru tahun 2022 yang harus diketahui oleh calon guru yang akan mendaftar pada PPPK Guru tahun 2022. Informasi tersebut adalah mengenai lowongan guru yang dibutuhkan sebanyak 781 ribu guru.

Pada bulan November 2022 akan segera dilakukan proses rekrutmen untuk PPPK tahun 2022. Seleksi guru ASN PPPK tahap 3 tersebut akan dilakukan mulai minggu ketiga November dan pengumuman untuk kelulusan akan diumumkan pada minggu ketiga dan minggu keempat bulan Desember 2022 mendatang.

Nunuk Suryani selaku Plt. atau Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek mengatakan pada seleksi PPPK tahun ini akan dibagi menjadi 3 kelompok pelamar prioritas.

Yang pertama adalah kelompok prioritas 1. Kelompok ini terdiri dari Tenaga Honorer eks Kategori II atau THK-II, Guru non ASN, Lulusan PPG atau Pendidikan Profesi Guru, dan juga guru swasta. Selain itu mereka telah mengikuti seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru tahun 2021 dan telah memenuhi nilai ambang batas tetapi belum mendapatkan formasi tersebut.

Baca Juga:  Terjawab! Nasib Guru Sekolah Swasta yang Mutasi ke Sekolah Negeri, Apakah Bisa Masuk Pelamar Prioritas pada PPPK 2022? Simak Selengkapnya

Selanjutnya juga terdapat kolompok prioritas 2. Kelompok prioritas 2 ini ada guru THK II. Dan untuk kelompok yang terkahir adalah kelompok prioritas 3. Kelompok prioritas 3 tersebut adalah guru yang telah terdaftar pada dapodik atau Data Pokok Pendidikan dan telah melewati masa kerja tiga tahun.

Selain dari ketiga hal tersebut juga terdapat kategori pelamar umum. Kategori tersebut adalah lulusan PPG atau Pendidikan profesi guru yang telah terdaftar pada basis data Kemendikbudristek dan juga guru yang telah terdaftar pada dapodik.

Suharmen selaku Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN mengatakan bahwa skema untuk pendaftaran tersebut telah diatur pada PP atau Peraturan Presiden Nomor 11 tahun 2017 dan juga pada Peraturan Presiden Nomor 49 tahun 2018.

Selain itu untuk pelaksanaan seleksi PPPK guru tersebut akan dilaksanaka melalui sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK. Dengan demikian proses seleksi PPPK Guru tersebut telah diatur sesuai dengan sistem.

Halaman Selanjutnya

Kesempatan Seleksi

Share :

Baca Juga

News

Download Materi Hari Kedua Diklat Gratis Menyusun KTI Inobel

News

Nasib Masa Depan Guru dan Tenaga Honorer di Tahun 2023, Hasil Rapat BKN dan KemenPAN-RB

News

Penting: Inilah 4 Dampak Positif Pandemi Bagi Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Memahami 3 Bentuk Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat

News

Download Gratis Disini! Buku 5 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru

News

Inilah Alasan Pemerintah Hapus Tenaga Honorer Dan PNS Mulai 2023

News

9 Langkah Pengambilan Keputusan Dalam Situasi Dilema Etika

News

Tips Mudah Mengelola Kelas agar Berjalan dengan Kondusif!