6 Jenis- jenis Konten Video yang Mudah Dibuat Oleh Guru Sebagai Media Pembelajaran

- Editor

Kamis, 2 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bagi guru yang pertama kali membuat video untuk pembelajaran akan sedikit merasa kebingungan untuk membuat video pembelajaran seperti apa yang mudah dan cepat. Merasa jika membuat video pembelajaran sangat sulit dan rumit. Apakah bapak atau ibu pernah terlintas di pikiran, “bagaimana mengemas dan menampilkan konten dalam video yang nanti saya buat?”

Padahal membuat video pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah. Ada beberapa jenis video pembelajaran yang bisa dibuat dengan mudah oleh guru sekaligus bisa menjadi ide konten video di Youtube. Berikut ini penjelasannya.

Hal yang dipersiapkan dalam pembuatan video pembelajaran

Sebelum itu, perlunya persiapaan peralatan yang akan digunakan dalam pembuatan video. Beberapa peralatan maupun aplikasi yang dapat disiapkan dalam pembuatan video presentasi, sebagai berikut.

  1. Alat untuk merekam video

Cukup gunakan smartphone ataupun laptop untuk merekam. Tetapi, untuk hasil pengambilan video yang maksimal dan sempurna, sebaiknya gunakan kamera.

2. Alat bantu untuk merekam.

Hal ini tidak wajib ada, namun jika menginginkan video presentasi yang jelas. Anda dapat menggunakan mikrofon atau dapat diganti dengan handsfree agar suara yang dihasilkan lebih jernih dan jelas. Ada juga alat untuk menopang kamera agar pengambilan gambar tetap stabil, dengan menggunakan tripod, monopod ataupun stabilizer camera.

3. Naskah atau script untuk merancang ide yang akan disampaikan dalam video

Anda cukup membuat naskah atau script dengan beberapa komponen didalamnya seperti tahapan kegiatan atau sesi, narasi yang berisi apa yang akan disampaikan, audio yang akan dimunculkan, visual atau gambar yang akan ditampilkan dan durasi atau batas waktu video yang akan dibuat.

4. Aplikasi yang dapat digunakan dalam video presentasi diantaranya,

a) aplikasi untuk membuat materi presentasi seperti power point dan google slide atau juga bisa diganti dengan canva agar lebih yang menarik.

b) aplikasi untuk merekam video. Biasanya aplikasi perekam video sudah tersedia di smartphone, namun jika ingin merekam video dengan aplikasi lainnya agar kualitas video yang dihasilkan lebih jernih dan bagus. Anda bisa mencobanya dengan sejumlah aplikasi perekam video seperti inshot, HD camera Ultra, Snap Camera HDR, dan masing banyak lagi. Mudahnya anda juga bisa menggunakan zoom untuk merekam presentasi anda

c) aplikasi editing yang mudah dan praktis seperti Filmora dan Camtasia yang dapat digunakan di laptop atau kinemaster dan powerdirector yang dapat diunduh melalui playstore di smartphone.

Jenis-Jenis Konten Video Pembelajaran

Setelah menyiapkan peralatan untuk membuat video. Tahap selanjutnya, bagaimana mengemas video pembelajaran? Ada beberapa jenis-jenis konten video pembelajaran yang mudah dibuat. Sebagai berikut.

1. Video Presentasi/Webinar

Video presentasi cukup mudah untuk dibuat oleh guru maupun siapapun, layaknya guru sedang mempresentasi materi di kelas saat mengajar. Dalam membuat video presentasi. kemudian, untuk pengemasan video presentasi yang dapat dicoba diantaranya,

  1. Guru bisa mempresentasikan materi dengan menjadikan slide power point sebagai background.
  2. Guru juga dapat mempresentasikan materi dengan menampakkan wajah di samping slide presentasi seperti saat guru menjelaskan materi kepada siswa melalui zoom meeting.
  3. Mempresentasikan materi dengan menggunakan alat peraga atau ilustrasi seperti papan tulis di samping, layaknya guru mengajar di kelas. Agar penonton video dapat lebih mudah mengerti mengenai apa yang disampaikan

2. Video Storytelling/ Podcast

Video storytelling tidak jauh berbeda dengan video presentasi. Guru cukup bercerita mengenai isi konten materi yang akan disampaikan ke siswa. Agar video storytelling tidak membosankan, guru juga dapat menyisipkan gambar maupun tulisan pendek untuk memberi tanda, sekaligus memberi penjelasan pada storytelling anda.

Hal penting dalam pembuatan video storytelling atau podcast terletak pada pembawaan narasi yang kuat dan harus menarik. Tentunya, perlu teknik untuk mengemas narasi tersebut agar menarik dan banyak dilirik dengan mempersiapkan script agar narasi tersampaikan sesuai dan pas.

Selain itu, gunakan aplikasi Teleprompter agar penyampaian narasi yang telah dibuat sebelumnya dapat tersampaikan secara sempurna, tanpa ada yang terlupakan dan terlewatkan. Dengan aplikasi Teleprompter, anda tidak susah lagi untuk mengingat apa saja yang akan disampaikan. Karena aplikasi ini membantu anda untuk merekam video sambil membaca teks layarnya seperti reporter yang sedang membawakan berita. Kini, aplikasi Teleprompter sudah tersedia di Google maupun di Playstore.

3. Video Talkshow

Video ini juga bisa dikategorikan video presentasi maupun video storytelling karena video talkshow menghadirkan pembicara atau narasumber untuk mempresentasikan materi sekaligus berbincang-bincang seperti storytelling dan podcast. Perlu persiapan yang matang untuk membuat video talkshow ini, diantaranya tema yang ingin diangkat, narasumber ahli di bidangnya serta penempatan waktu dan tempat yang harus tepat.

4. Video Animasi.

Video animasi merupakan gambar yang bergerak dari berbagai macam kumpulan objek (gambar manusia, hewan, gedung, dan tulisan) dan disusun agar dapat bergerak sesuai alur semestinya, dalam hitungan waktu. Ini sangat cocok digunakan untuk memvisualkan materi yang terlihat abstrak menjadi lebih realistik. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat animasi seperti Powerpoint, Moovly, Powtoon, GoAnimate.

5. Video Scribing (Animasi Tulisan Tangan)

Berikutnya, video Scribing termasuk video animasi dengan konsep yang unik dimana anda seolah-olah menggunakan tangan untuk menggambar dan menulis di whiteboard. Video Scribing bisa dibuat dengan mudah dengan menggunakan aplikasi Videoscribe dari Sparkol. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini juga cukup sederhana, diantaranya

  1. Ikon “T” (Add text to the canvas) menambahkan teks atau tulisan
  2. Ikon “Picture” atau Add an image untuk menyisipkan gambar
  3. Add or change a music atau ikon “Music” digunakan memasukan audio atau lagu.
  4. Add or change to the voiceover dengan ikon “Mikrofon” berfungsi merekam suara secara langsung atau menggunakan suara yang sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Select a different base hand dengan ikon “Tangan” untuk memilih animasi ilustrator yang akan muncul dalam video.
  6. Save or export this scribe dengan ikon “Save” untuk menyimpan video animasi yang telah Anda buat.
  7. Preview play dengan ikon “Play” yang ada di kanan atas layar untuk melihat preview video teks tersebut.
  8. Change the texture and color atau ikon “Kertas” yang berfungsi untuk memberikan baground baik texture maupun warna pada halaman kerja.
  9. Add chart to the canpas dengan ikon “grafik” untuk membuat grapik, terdapat 3 jenis pilihan yakni, grapik batang, lingkaran dan garis, pada area kerja

Langkah-langkah membuat Videoscribe dari Sparkol cukup mudah. Begini cara membuat video scribing.

  1. Akses website www.sparkol.com atau bisa juga langsung di website www.videoscribe.co/en/
  2.  Geser ke bawah dan klik Take Free Trial.
  3. Lakukan registrasi untuk mengakses fitur tersebut. Isi semua kolom yang ada dengan informasi yang valid. Jika sudah selesai klik Sign Up.
  4. Buka Email anda, dan akses Email dari Sparkol dan klik Confirm Now.
  5. Anda akan diarahkan ke tautan download VideoScribe dan Klik Save File untuk mendowload, tunggu hingga proses mengunduh selesai.
  6. Buka aplikasi VideoScribe dan Log In dengan akun yang sudah Anda buat di Sparkol.
  7. Klik tanda Plus untuk membuat video animasi baru. Kemudian, buat kreasi video sesuai script yang telah anda rancang sebelumnya, dengan menggunakan fitur-fitur yang telah dijelakan sebelumnya.

6. Video tutorial

Video tutorial cocok bagi guru yang ingin menyampaikan materi bersifat praktikal yang harus dipraktikan oleh siswa dalam pembelajaran. Cukup banyak penonton yang  meminati video ini karena isi konten bersifat edukatif dan solutif bagi penonton. Bentuk video tutorial bisa berupa “How To Make” yaitu video tentang cara membuat sesuatu seperti tutorial memasak, dan tutorial make up dan lainnya. Bentuk lainnya, video tutorial Screencast adalah video tentang tutorial penggunaan aplikasi dengan merekam layar, biasanya menggunakan aplikasi Screen Recorder.

Ikuti Pelatihan Khusus Membangun Channel Youtube Edukasi Sebagai Media Pembelajaran dan Mendapatkan Profit yang di selenggarakan e-Guru.id bersertifikat 90JP.

Peserta dijamin akan dapat membuat video pembelajaran yang baik dan menarik yang dapat diupload ke Youtube, dan mendapatkan kiat- kiat untuk memperoleh profit atau penghasilan tambahan dari hasil bermitra dengan Youtube.

Info lebih lanjut silakan menghubungi kontak berikut ini: 0895619818060 (Admin Maya)

LINK PENDAFTARAN

Berita Terkait

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024
Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024
MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah
PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?
Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan
Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024
Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!
Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024
Berita ini 2,945 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 25 Februari 2024 - 11:20 WIB

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:32 WIB

Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 10:43 WIB

MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:02 WIB

PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:34 WIB

Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:59 WIB

Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:25 WIB

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:08 WIB

Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024

Berita Terbaru