5 Rekomendasi Buku Inspirasi Guru yang Wajib Dibaca

- Editor

Rabu, 21 September 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Apakah Anda pernah mendengar sebuah pepatah bahwa buku adalah jendela dunia? Buku memang tidak bisa lepas dan menjadi banyak rujukan dalam mempelajari beragam ilmu disegala bidang kehidupan.

Dengan buku Anda mendapatkan banyak wawasan, menambah ilmu pengetahuan dan mendorong untuk mengambil keputusan yang tepat. Bahkan buku juga bisa mengubah cara berfikir maupun sudut pandang Anda dalam melihat kehidupan.

Dalam dunia pendidikan, buku inspirasi guru seringkali dijadikan sebagai sumber utama untuk belajar di sekolah. Buku akan selalu menjadi media pembelajaran yang sangat penting untuk membantu guru dalam mengajar siswanya.

Buku bisa dibagi ke dalam beberapa jenis, hal itu berdasarkan jenis dan kreativitas buku tersebut. Buku ada yang isinya berupa fiksi dan nonfiksi. Sementara isinya biasanya ada yang berupa novel, ensiklopedia, biografi, sejarah, buku panduan, antologi dan lain sebagainya.

Rekomendasi Buku untuk Baca Seorang Guru

Mungkin Anda sudah sering membaca buku pembelajaran sebagai bahan mengajar kepada siswa. Tapi tidak ada salahnya untuk seorang guru membaca buku lainnya diluar materi pembelajaran. Misalnya saja Anda bisa membaca buku yang membahas tentang inspirasi pendidikan.

Ada buku inspirasi guru apa saja yang harus dibaca? Mari kita cari tahu melalui pembahasannya berikut ini:

Buku Guru Aini

Buku inspirasi guru yang pertama adalah buku ini ditulis oleh Andrea Hirata, buku terbitan tahun 2000 ini mengambil seorang tokoh pendidik yang berada di pelosok bernaam Bu Desi. Buku ini mengisahkan seorang perjuangan seorang guru matematika dalam mengajar seorang siswa bernama Aini.

Aini ini memiliki tingkat ekonomi yang rendah. Akan tetapi ia memiliki cita-cita sangat mulia yang menjadi seorang dokter, tujuannya adalah ia ingin menyembuhkan ayahnya yang sedang sakit keras. Akan tetapi, mengajar matematika di daerah pelosok ternyata menjadi tantangan tersendiri untuk bu Desi ketika itu.

Apalagi pelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat menakutkan. Terlebih ketika mengajar anak bernama Aini tersebut yang dimana anak tersebut memiliki pemahaman belajar yang rendah.

Akan tatapi, semangatnya yang tinggi ini membuat Aini bisa memahami pelajaran yang diberikan Bu Desi dengan mencoba beragam cara dan metode pembelajaran.

Tentu saja buku ini sangat inspiratif dan cocok untuk Anda baca, terutama untuk Anda yang mungkin memegang mata pelajaran matematika. Buku tersebut memang sangat menunjukkan ciri khas dari Andrea Hirata yang dapat menuliskan ksiahnya berdasarkan latar belakang orang biasa.

Bahkan Anda bisa menemukan inspirasi cerita tersebut dalam kehidupan nyata dan memang penyampaian ceritanya dapat mudah dipahami. Buku inspirasi guru ini sangat menginspirasi untuk para pendidik/guru.

Buku Laskar Pelangi

Buku inspirasi guru selanjutnya masih buku karya Andrea Hirata yang telah diterbitkan di tahun 2005. Buku ini termasuk ke dalam buku best seller. Bahkan buku ini termasuk buku sastra terlaris sepanjang sejarah, buku laskar pelangi memang menjadi novel terbaik dan menuai banyak perhatian.

Buku ini menceritakan ada seorang anak sebanyak 10 anak yang berasal dari keluarga miskin dan belajar dengan penuh keterbatasan. Meskipun mereka sangat dekat dengan yang namanya kemiskinan, mereka tetap semagant belajar dan mengenyam pendidikan.

Bersama gurunya bernama Pa Harun dan Ibu Muslimah, ke-10 anak ini dibimbing dengan baik sampai berhasil menumbuhkan cita-cita, inspirasi dan harapan yang bisa membuat orang kagum pada mereka.

Buku ini juga mengajarkan pada guru-guru Indonesia tentang bagaimana cara mengajar yang menyenangkan dan bagaimana melihat potensi yang ada di setiap siswa, tentu saja berdasarkan karakteristiknya.

Pelajaran lainnya yang dapat Anda ambil dari novel tersebut adalah pendidikan yang baik bisa dilakukan dengan ketulusan hati pada siswa, tidak hanya sekedar memberikan intruksi atau menjalankan kewajiban.

Siswa perlu diberikan kesempatan dalam mengksplor potensi mereka sehingga dapat berkembang menjadi lebih baik dan menghasilkan prestasi yang cemerlang.

Halaman Selanjutnya

Buku Trilogi Negeri 5 Menara

Berita Terkait

Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Bisa Dapat Dana Hingga 4,7 Per Bulan Melalui Program Ini
Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap
Memaksimalkan Hasil Asesmen Diagnostik Untuk Pembelajaran Efektif Dengan Langkah- Langkah Ini!
Menjelajahi Berbagai Jenis Asesmen Diagnostik: Panduan Mudah Bagi Guru
Pentingnya Melakukan Analisis Diagnostik Sebelum Pembelajaran
Tantangan dan Peluang Guru Menghadapi Perbedaan Karakter Siswa 
Tindak Lanjut Guru Menentukan Metode Pembelajaran Sesuai Gaya Belajar Siswa
Lakukan Cara- Cara  Ini Untuk Guru Mengidentifikasi Gaya Belajar Siswa
Berita ini 178 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 27 Juni 2024 - 10:31 WIB

Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Bisa Dapat Dana Hingga 4,7 Per Bulan Melalui Program Ini

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:45 WIB

Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap

Minggu, 9 Juni 2024 - 09:38 WIB

Memaksimalkan Hasil Asesmen Diagnostik Untuk Pembelajaran Efektif Dengan Langkah- Langkah Ini!

Sabtu, 8 Juni 2024 - 20:04 WIB

Menjelajahi Berbagai Jenis Asesmen Diagnostik: Panduan Mudah Bagi Guru

Sabtu, 8 Juni 2024 - 19:46 WIB

Pentingnya Melakukan Analisis Diagnostik Sebelum Pembelajaran

Berita Terbaru

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 18:16 WIB

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 12:00 WIB

Langkah - Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Langkah – Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Jumat, 12 Jul 2024 - 14:38 WIB