Home / News

Jumat, 1 Juli 2022 - 13:43 WIB

4 Tips Optimalisasi Pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila– Program Profil Pelajar Pancasila menjadi salah satu program kebanggaan kebijakan Kurikulum Merdeka.

Program ini digadang – gadang akan mewujudkan lahirnya para pelajar berkompeten dan mampu dalam mengamalkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan.

Karakter seperti ini memang tidak akan langsung terwujud begitu saja. Sebab kondisi serta lingkungan hari ini kurang bisa mengakomodasi adanya pengamalan nilai – nilai Pancasila.

Hal ini terbukti sejak bermunculannya beragam kasus yang melanda remaja mulai dari free sex, pergaulan bebas, kriminal serta pembunuhan di bawah umur akibat karena tak meyakini dan mengamalkan nilai – nilai serta pandangan hidup yang ada dalam diri.

Agar program tersebut dapat diwujudkan, maka setiap pendidik harus memahami terkait tahapan rencana, pelaksanaan dan perayaan hasil projeknya.

Baca Juga:  Ditutup 9 September! Buruan Daftar Beasiswa Untuk Guru PAUD dan SD

Adapun dalam hal pelaksanaan, pendidik memiliki andil besar untuk menjadikan peserta didik agar tetap stabil dan semangatnya tidak naik turun dalam pelaksanaan projek.

Beberapa langkah dan tips yang perlu dilakukan  untuk optimalisasi penanaman Profil Pelajar Pancasila di antaranya yakni:

Pertama, pendidik mendorong para peserta didik agar dapat terlibat dalam segala pelaksanaannya (student engagement) pada beragam kegiatan belajar mengajar.

Idealnya ada beberapa hal yang bisa diupayakan oleh pendidik agar bisa mendorong peserta didik untuk bisa berpartisipasi pada proses peningkatan pelaksanaan projek.

Kedua, pendidik harus bisa melatih kedekatan dengan para peserta didik.

Kedekatan ini tentu dibangun sebab Anda sebagai tim fasilitator pembelajaran perlu untuk lebih banyak memahami karakteristik peserta didik lebih mendalam.

Jika sudah dekat, maka Anda akan lebih mudah untuk memberikan pengarahan maupun mengkaji diri peserta didik pada saat pelaksanaan projek. Jika di suatu saat Anda mendapati bahwa peserta didik tersebut ternyata kurang bersemangat, maka Anda akan dengan mudah menemukan beragam cara efektif untuk kembali menyemangatinya.

Baca Juga:  Tips Mencari Jurnal di Google Scholar, Optimalkan Fitur-fitur Berikut Ini!

Ketiga, selain akrab dengan peserta didik, cobalah untuk senantiasa memberikan ragam tantangan mulai dari yang mudah hingga kompleks.

Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat belajar untuk menghadapi beragam situasi pada saat pelaksanaan projek baik secara individu maupun dengan tim.

Mereka pun juga dapat dengan mudah meningkatkan rasa percaya diri untuk segera menyelesaikan keseluruhan projek tersebut sebab mereka telah terbiasa menyelesaikan masalah yang sudah pernah Anda berikan.

Halaman Selanjutnya

Keempat, pendidik akan selalu

Share :

Baca Juga

News

Penting Diketahui Guru! Tips Mengajar Menyenangkan Anti Boring

News

4 Aspek Kompetensi Pedagogik yang Wajib Dimiliki Para Guru Profesional
monetisasi youtube untuk guru

News

Mudah Membuat Website Pembelajaran dengan WordPress

News

Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Ponsel untuk Mendukung Kurikulum Prototipe

News

Resmi, Guru TMT 2016 Ke Atas Bisa Ikut PPG Tahun 2022
peluang bisnis era digital bagi guru

News

Konsep Dasar Motivasi dan Penerapan dalam Pembelajaran

News

Kabar Gembira! BKN Buka Usulan Kenaikan Pangkat Periode 1
Tips Mengisi Survey Lingkungan Belajar

News

Wajib Simak Cara Isi Survei Lingkungan Belajar Agustus 2022